HETANEWS.COM

RSU Kabanjahe Siapkan Tiga Ruang Isolasi Untuk Pasien Corona

Ruang isolasi untuk penderita corona di RSU Kabanjahe

Kabanjahe, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui RSU Kabanjahe menyiapkan tiga ruang darurat untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona (Covid-19).

Bekas ruang isolasi penderita HIV-AIDS itu dilengkapi dengan fasilitas AC, tabung oksigen, tempat tidur, kamar mandi dan tiang penyangga tabung infus.

Tiga staf RSU Kabanjahe telah dikirim untuk mengikuti pelatihan di Gran Melia, Jakarta. Masing-masing adalah dr. Teruli Pardede Sp.P, Kristian Tarigan (analis) dan Masriani br Tarigan (perawat).

"Mereka berangkat hari Selasa (3/3) kemarin," ujar Direktur RSU Kabanjahe, dr. Arjuna Wijaya didampingi Kabag Humas, Tatik Anggreini Sinulingga, Kamis (5/3).

"Penanganan kita di sini sebatas bila ada suspect (gejala). Kalau sudah terindikasi langsung dikirim ke RSU Adam Malik Medan menggunakan ambulance biasa. Karena RSU Kabanjahe ditunjuk pusat bersama RSU Adam Malik, Pematangsiantar, Tarutung dan Padang Sidempuan," jelasnya.

Arjuna menjelaskan penunjukkan itu kemungkinan karena RSU Kabanjahe pernah menangani pasien penderita virus flu burung tahun 2007.

"Kita tidak minta-minta kepada Menteri Kesehatan agar RSU Kabanjahe dirujuk menangani virus corona. Mungkin itu tadi alasan karena RSU Kabanjahe pernah menangani isolasi flu burung," tegasnya.

Ketika dikonfirmasi Analisadaily.com mengenai alasan tidak memanfaatkan ruang isolasi bekas pasien flu burung, Arjuna menjelaskan bahwa ruangan itu sudah digunakan menjadi ruang cuci darah (HG).

Untuk diketahui, RSU Kabanjahe menyiapkan ruang isolasi dengan tiga tempat tidur dilengkapi dokter paru, dokter penyakit dalam, dokter anak dan laboratorium.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana dan Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan, juga telah meninjau ruangan isolasi untuk penderita virus corona tersebut.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: Suci Damanik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan