HETANEWS.COM

Uji Coba 3 Bulan Kandas, Rute Jalan Cipto Dikembalikan Karena Protes Warga

AKP Septian Dwi Rianto memantau simulasi rute Jalan Cipto awal dilaksanakan. (Foto: Dok Hetanews)

Siantar, hetanews.com - Protes sejumlah warga atas perombakan rute Jalan Cipto, Kota Siantar yang dilakukan Polantas dan Dinas Perhubungan Kota Siantar membuahkan hasil. Rute di jalan tersebut dikembalikan ke posisi semula.

Bila dalam perombakan pengendara dari arah Jalan Sudirman (arah atas) dilarang masuk ke Jalan Cipto. Pengendara hanya diperbolehkan melalui Jalan Cipto pabila datang dari arah Siantar Square (arah bawah).

Salah satu alasan warga menolak perombakan disebut karena laju pertumbuhan ekonomi di sana melambat. Pendapatan sejumlah pengusaha dikatakan kian tersendat.

Baca juga: Arus Jalan Cipto Siantar Dikembalikan Seperti Semula, Kasat Lantas Bilang Masih Wajar

Kasat Lantas Polres Siantar AKP Septian Dwi Rianto mengatakan, perombakan rute yang masih dalam tahap simulasi atau uji coba merupakan kebijakan untuk mengurai kemacetan khusus di Jalan Sutomo, sejak diberlakukan pada Desember 2019 silam.

Dia mengatakan, menjadikan rute kini ke posisi semula setelah mempertimbangkan sejumlah aspek yang ada.

"Jadi masih wajar pengembalian arus dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek," tulis Septian lewat pesan WhasApp kepada hetanews, (4/3/2020).

Diketahui, protes warga disampaikan ke Komisi III DPRD Siantar. Para wakil rakyat pun kemudian bergegas memanggil Satlantas dan Dishub guna membahasnya dalam sebuah RDP (rapat dengar pendapat).

Baca juga: DPRD minta Arus Lalulintas Jalan Cipto Dikembalikan

Pertemuan itu digelar pada 3 Februari 2020 silam. Sedangkan kesimpulan dari RDP, wakil rakyat tak sepakat dengan perubahan rute dilakukan Polisi bersama Dishub. Tentu dengan mengemukakan beberapa alasan. Mereka pun meminta perombakan rute dianulir.

Meski begitu, Polisi dan Dishub tak langsung mengiyakan keinginan Komisi III yang diketuai Denny Siahaan. AKP Septian sempat memberikan syarat agar uji coba ditarik, namun ketika itu lulusan Akpol enggan memberi tahu syarat-syarat dimaksud kepada wartawan.

Baca juga: Rute Jalan Cipto Mau Diubah? Sat Lantas Polres Siantar Berikan Syarat Ke DPRD

Sementara itu pengembalian rute baru dilakukan satu bulan ke depan atau tepat pada 3 Maret 2020 yang lalu. Ini mengartikan simulasi hanya bertahan sekitar 3 bulan.

Penulis: tim. Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan