HETANEWS.COM

Hasil Survey: Hefriansyah dan Asner Silalahi Bersaing Ketat

Hefriansyah dan Asner Silalahi [kolase foto: Hendrik]

Siantar, hetanews.com – Berdasarkan hasil survey Indo Riset Konsultan, dari tingkat elektabilitas diperkirakan 2 nama bakal calon walikota yang akan bersaing ketat yaitu Hefriansyah dan Asner Silalahi. Simulasi 9 nama bakal calon walikota menunjukkan tingkat elektabilitas Hefriansyah (21,9%) dan Asner Silalahi (16,9%).

Setelah Asner menyusul Binsar Situmorang (5,6%) Togar Sitorus (4,1%) Alpeda Sinaga (2,9%) Rajamin Sirait (2,4% ) Mulia Rinda Purba (1,1%) Ida Halanita Damanik (1,0%) dan Donfer Panggabean (0,8%). Sedangkan responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 43,4%.

Menurut Indo Riset Konsultan, ketika dilakukan simulasi head to head antara Hefriansyah dan Asner Silalahi diketahui jarak antara kedua bakal calon wali kota tersebut juga cukup tipis.

Baca juga: Hasil Survey: Tingkat Kepuasan Kinerja Walikota Hefriansyah Rendah

Dalam simulasi head to head tersebut tingkat elektabilitas Hefriansyah (32,6%) dan Asner Silalahi (27,2%)  kemudian 40,2% responden menjawab tidak tahu tidak jawab.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh para enumerator terlatih dengan menggunakan kuisioner dan melibatkan 400 responden terbesar secara proporsional di 8 kecamatan di kota Pematangsiantar.

Survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Proses penarikan sampel dilakukan secara acak menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Penarikan sampel mempertimbangkan jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap kecamatan dan mempertimbangkan keterwakilan laki-laki dan perempuan.

Menurut Direktur program Indo Riset Konsultan Bowo kumoro temuan hasil survei tersebut menunjukkan bahwa pertahanan berada dalam posisi kurang menguntungkan dari segi elektabilitas.

"Sebagai petahana dapat dikatakan Hefriansyah memiliki tingkat elektabilitas sangat rendah. bahkan tingkat elektabilitas petahana berselisih tipis dengan narasi lain berdasarkan temuan survei yang dilakukan pada 6 sampai 12 Februari lalu," ujar Bowo Kumoro, Selasa (3/3/2020).

lebih lanjut Moro menyampaikan dalam sisa waktu 7 bulan kedepan menjelang pelaksanaan pelaksanaan Pilkada 23 september mendatang akan menjadi masa-masa tidak mudah bagi Petahana untuk mempertahankan kursi walikota Pematangsiantar.

Baca juga: Hasil Survey: Popularitas Togar Tertinggi Setelah Hefriansyah

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan