HETANEWS

Hasil Survey: Tingkat Kepuasan Kinerja Walikota Hefriansyah Rendah

Walikota Hefriansyah saat diwawancarai para awak media di perkantoran DPRD Pematangsiantar, Sabtu 20 Juli 2019.

Siantar, hetanews.com – Lembaga Survei Indo Riset Konsultan menemukan rendahnya tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemko Pematangsiantar. Begitu pula dengan tingkat kepuasan kinerja Walikota Pematangsiantar Hefriansyah.

Indo Riset Konsultan telah melakukan survei opini publik di kota Pematangsiantar pada 6- 12 Februari 2020.
Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh para enumerator terlatih dengan menggunakan kuisioner dan melibatkan 400 responden terbesar secara proporsional di 8 kecamatan di kota Pematangsiantar.

Survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 4,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Proses penarikan sampel dilakukan secara acak menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling).

Penarikan sampel mempertimbangkan jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap kecamatan dan mempertimbangkan keterwakilan laki-laki dan perempuan.

Sesuai siaran pers Indo Riset Konsultan yang diterima Hetanews.com pada Selasa (3/3/2020), responden mengaku puas terhadap kinerja pemerintahan kota Pematangsiantar 54,0% saja. Sedangkan 46,0% responden mengaku tidak puas.

Tingkat kepuasan terhadap kinerja walikota Hefriansyah juga tidak tinggi. Responden mengaku puas terhadap kinerja walikota 50,1% dan 48,4% responden mengaku tidak puas, serta 1,6% menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Selain itu, survei juga melihat tingkat evaluasi publik terhadap 8 bidang utama. 8 bidang utama tersebut adalah ketersediaan lapangan kerja baru, pengentasan kemiskinan, pelayanan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit umum daerah.

Kemudian, komitmen pemerintah menekan angka korupsi di pemerintahan dan sektor perizinan, pengendalian harga kebutuhan pokok, pemberian bantuan pendidikan, pembangunan infrastruktur dan pengelolaan sektor pariwisata.

Dari 8 bidang utama tersebut tingkat ketidak berhasilan tertinggi di mata publik adalah bidang pembukaan lapangan kerja baru.  85,8% responden melihat pemerintah kota Pematangsiantar saat ini tidak berhasil membuka lapangan kerja baru dan 14,2% responden lain menilai berhasil.

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.