HETANEWS.COM

Pilkades Pakai E-Voting, Pemkab Banyuasin Hemat Rp 3 M

Ilustrasi pemungutan suara secara elektronik. Foto: ANTARA

Palembang, hetanews.com - Pemilihan kepala desa dengan menerapkan metode e-voting membuat Pemkab Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan mampu menghemat hingga Rp 3 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, Senin (2/3/2020), mengatakan pemilihan kepala desa di daerah tersebut dengan menggunakan e-voting pada 2020 telah memasuki kali ketiga sejak metode itu digunakan pada 2015.

"Tahun ini ada sekitar 60 desa akan e-voting menyebar di seluruh wilayah dari Banyuasin I sampai III yang periode kepala desanya sudah habis," ujar Erwin Ibrahim.

Selain menghemat biaya hingga Rp3 miliar, menurut dia e-voting juga lebih efisien dengan pelaksanaan yang cepat, akurat, hasilnya dapat langsung terlihat beberapa jam usai pemilihan, tidak seperti metode manual yang butuh dua hari proses penghitungan.

Cepat dan transparansinya penghitungan e-voting akan menghilangkan kecurigaan antara sesama warga desa, kata dia, sehingga intrik-intrik politik yang kerap memicu konflik warga dapat diminimalisasi.

"Proses e-voting terbuka dari awal hingga akhir pemilihan, tidak lama setelah pemilihan hasilnya langsung ketahuan," tambah Erwin.

Namun berbeda dari 2018 saat e-voting dilaksanakan serentak penuh, e-voting pada 2020 dilaksanakan serentak bergelombang seperti 2015, sehingga komputer yang digunakan e-voting bisa secara bergantian digunakan antar pemilihan kades.

"Proses e-voting leading sector-nya Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Banyuasin dibantu Diskominfo, kecamatan dan polisi, kami (Bappeda) mendukung dengan penyusunan anggaran," jelas Erwin.

Sumber: antaranews.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!