Deliserdang, hetanews.com - Guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan senjata api (senpi) yang berdampak hukum terhadap personel, Waka Polresta Deliserdang, AKBP Julianto P. Sirait, pimpin apel pengecekan dan pemeriksaan senpi dinas.

Julianto didampingi Kasi Propam, Iptu Sutarjo, dan Paur Log, Iptu Manahan Pakpahan, melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan terhadap personel yang menggunakan senpi dinas di lapangan apel Mapolresta Deliserdang.

Pengecekan dan pemeriksaan dilakukan secara perorangan terhadap personel pemegang senpi dinas. Materi pemeriksaan meliputi masa berlaku identitas pemegang senpi dinas berupa Surat Izin Membawa/Menggunakan Senjata Api (SIMSA), kondisi kebersihan fisik senpi, dan jumlah amunisi yang dipinjam pakai.

"Pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian. Tujuan yang utama mengantisipasi penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri, khususnya anggota Polresta Deliserdang dan Polsek jajaran. Setiap bulannya akan rutin dilaksanakan," kata Julianto, Jumat (28/2).

Terdapat personel yang dihukum tindakan fisik berupa push up karena tidak menjaga kebersihan senpi dinas, dan dilakukan penarikan terhadap senpi dinas jika masa berlaku SIMSA telah habis.

"Namun kali ini seluruh personel yang menggunakan senpi dinas tidak ada yang habis masa berlakunya," terang Julianto.

Kasi Propam Polresta Deliserdang, Iptu Sutarjo menjelaskan, terdapat 160 personel yang tercatat menggunakan senpi dinas di lingkungan Polresta Deliserdang serta Polsek jajaran.

“Pemeriksaan kali ini tidak ada dari personel yang dilakukan penarikan terhadap senpinya, namun tadi ada yang diberikan hukuman tindakan fisik karena personel yang bersangkutan tidak menjaga kebersihan senpi dinas,” pungkasnya.

Sumber: antaranews.com