HETANEWS

Dua Pelaku Pembobol 5 Sekolah dan Satu Ruko Rokok Diringkus Unit Sat Reskrim Polres Siantar

Kedua tersangka dengan tangan digari saat berada di ruang Jatanras Polres Siantar dan barang bukti kejahatan kedua pelaku untuk mencongkel jendela. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Kedua pelaku pembobol Sekolah Dasar Yayasan Perguruan Kelurga (YPK), berhasil diringkus personil unit Jahtanras Sat Reskrim Polres Siantar, di tempat terpisah, Rabu (26/2/2020), lalu.

Para pelaku, Ronaldo Saragih alias Naldo (25), diringkus petugas dari tempat persembunyiannya, di Kota Medan dan Sabam Batubara alias Edo (22), dibekuk dari Jalan Soa Sio, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur.

Penangkapan keduanya, berawal dari laporan pengaduan pihak SD YPK, tertanggal 13 Februari 2020.

Dan salah satu pelaku, wajahnya terekam kamera pengintai CCTV sekolah tersebut, sehingga dengan mudah mengenali wajah pelaku.

Saat beraksi, pelaku berhasil menggondol 6 unit laptop yang diambil dari ruang guru dan sejumlah uang koperasi yang diambil dari ruang tata usaha sebesar Rp 6.240 ribu.  Sehingga pihak sekolah mengalami kerugian sekitar Rp 40 juta.

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, melalui Kasubag Humas, Iptu Rusdi Ahya, membenarkan kalau kedua pelaku pembobol SD YPK telah tertangkap dan keduanya hingga sekarang masih dalam proses penyidikan.

"Memang semalam ada diamankan pelaku pembobol sekolah SD YPK, keduanya hingga sekarang masih kita proses," terangnya.

Selain itu, Rusdi juga menyatakan, kalau keduanya tertangkap di tempat berdeda dan yang lebih awal ditangkap personil Sat Reskrim Polres Siantar yaitu Ronaldo Saragih alias Naldo, di Kota Medan, tepatnya di Sei Batanghari Sunggal Kota Medan.

"Setelah Naldo ditangkap, kemudian kita langsung melakukan pengembangan dan kita berhasil mengamankan Sabam  Barubara dari Jalan Soasio, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur. Namun dari kedua pelaku, barang bukti tidak kita temukan karena telah dijual,"ujarnya.

Setelah dilakukan interogasi kepada kedua pelaku, ternyata keduanya bukan hanya membobol SD YPK. Kedunya juga telah membobol gedung SD Latihan YP HKBP, di Jalan Bahagia, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan, pada Sabtu (1/2/2020) lalu.

Baca juga: Pembobol Sekolah SD YPK Terekam CCTV, Pelaku Bawa Kabur 6 Laptop dan Uang

Dalam aksi pencurian itu, keduanya berhasil membawa kabur,  2 unit laptop, 1 buah printer, 1 buah televisi, 8 buah notebook, totalnya senilai Rp 80 juta.

"Pengakuan mereka, juga telah membobol gedung SMPN 3 yang berada di Jalan Laguboti, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan, dan juga gedung sekolah YP Mars, di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur, ruko jualan rokok yang berada di jalan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, dan yang terkahir gedung sekolah Bintang Timur,"terangnya.

Lanjutnya, salah satu pelaku bernama Eldo, merupakan residivis dengan kasus yang sama. Ia juga mengaku, biasanya melakukan pencurian dengan cara memanjat tembok dan hasil kejahatannya dijual untuk foya-foya.

Dari penangkapan keduanya, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan, berupa linggis, obeng dan tang. Tersangka juga dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, tutup Iptu Rusdi Ahya.

Penulis: res. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.