HETANEWS.COM

Hari Ini! 'Ciuman' Venus dan Bulan Bisa Dilihat dari Indonesia

Pertemuan Venus dan Bulan di langit Chili.

Jakarta, hetanews.com - Kamis, 27 Februari 2020 adalah hari istimewa bagi mereka yang senang mengamati benda langit. Venus dan Bulan akan terlihat bersama-sama. Fenomena ini juga bisa dilihat dari Indonesia.

"Ya, besok (Kamis) sesudah magrib, Venus akan berada di samping kanan Bulan sabit. Terlihat jelas di seluruh wilayah Indonesia, asalkan langit cerah," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin saat dikonfirmasi, Rabu (26/2/2020).

Selama fenomena ini berlangsung, Venus yang terlihat benderang akan muncul di samping Bulan. Menariknya, fenomena yang sama akan terjadi lagi pada 28 Maret 2020.

"Itu (Venus bertemu Bulan) sering terjadi. (Terjadinya pertemuan Venus dan Bulan) tidak ada periode yang tetap," kata Djamal lagi.

Para astronom memperkirakan pertemuan Venus dan Bulan akan berlangsung selama 45 menit setelah Matahari terbenam. Pemandangan indah akan terlihat dari Bumi saat keduanya 'berciuman'.

Venus, yang merupakan salah satu objek paling terang di langit, akan bergerak lebih dekat ke Bulan minggu ini karena orbit alami mereka. Meskipun dua objek kosmik ini memiliki orbit yang berbeda, mereka mengikuti jalur yang sama di langit, yang dikenal sebagai ekliptika.

Dari perspektif Bumi sendiri, pada hari tersebut, Venus dan Bulan akan tampak saling berdekatan. Namun pada kenyataannya, planet ini akan berada sekitar 84 juta mil dari Bumi. Bulan, di sisi lain, berada sekitar 250.000 mil jauhnya dari planet ini.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!