HETANEWS

Janin dan Bayi yang Baru Lahir Ternyata Bisa Alami Ereksi

Ilustrasi perkembangan bayi 3 bulan.

Hetanews.com - Ereksi menjadi salah satu tanda organ vital seorang pria dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Bentuk penis yang mengalami ereksi akan membesar dan mengeras.

Biasanya, ereksi dijadikan sebagai indikator paling umum terjadinya rangsangan seksual. Pemicunya, mulai dari sentuhan area genital, ciuman, masturbasi, fantasi seks, hingga melihat sesuatu yang membangkitkan birahi.

Karena itu, banyak anggapan kalau ereksi hanya bisa dialami pria dewasa atau saat sudah mencapai masa pubertas. Padahal, seperti dikutip Medical News Today, ereksi juga bisa terjadi pada janin, bayi yang baru lahir, dan bocah laki-laki sebelum masa pubertas.

Ilustrasi kaki bayi.
Ilustrasi kaki.

Sebelum lahir, pemindaian USG dapat menangkap visual fetus mengalami ereksi penuh. Sedangkan ereksi juga sangat lazim terjadi pada bayi sesaat setelah keluar dari rahim ibunya.

Mengutip dari publikasi ilmiah yang terbit di jurnal Karger pada 1991, ereksi janin paling sering terjadi selama tidur Random Eye Movement (REM) atau tidur dengan gerakan cepat dan acak dari mata. Ereksi janin ini dapat terjadi beberapa kali tiap jam.

Kendati demikian, peneliti belum menemukan penyebabnya secara jelas. Namun mereka menduga ereksi janin terjadi sebagai mekanisme tubuh untuk memastikan tiap organ berfungsi dengan normal.

Fakta ini setidaknya menegaskan, jika ereksi bukan akibat dorongan seksual semata. Ereksi bisa terjadi secara acak tanpa didahului rangsangan seksual. Kondisi tersebut paling umum terjadi pada remaja dan merupakan hal wajar, bahkan mengindikasikan fungsi seksual yang sehat.

Rata-rata, pria mengalami ereksi 3-5 kali setiap malam, dan sering kali terjadi selama tahapan tidur REM alias saat orang yang tidur bermimpi. Ini alasan mengapa banyak sekali pria yang bangun tidur dengan kondisi penisnya mengalami ereksi. Dalam dunia medis, ereksi penis di pagi hari ini disebut Nocturnal Penile Tumescene (NPT).

NPT atau yang juga disebut morning wood ini bukan penanda adanya birahi seksual atau mimpi yang berkaitan dengan seks. NPT mengindikasikan saraf-saraf dan suplai darah di penis lancar. Dengan kata lain, NPT sebagai indikator sehatnya sistem reproduksi pria.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.