HETANEWS

Bahaya Kandungan Sildenafil dalam Obat Kuat Ilegal di Surabaya

Barang bukti jamu kuat ilegal di Wiyung Surabaya yang diamankan polisi..

Surabaya, hetanews.com - Polda Jatim telah menggerebek home industri obat kuat ilegal di perumahan Babatan Pilang, Wiyung, Surabaya, Senin (24/2). Bahan baku obat kuat tersebut adalah tepung herbal dan sildenafil.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Jatim Mahanani mengatakan, bahan sildenafil memang bisa digunakan sebagai obat kuat bagi laki-laki. Namun, harus dengan takaran dosis tertentu sesuai resep dokter.

“Diperkenankan (sildenafil) itu dicampur dengan bahan kimia obat karena sildenafil ternyata mempunyai efek samping sebagai obat kuat lelaki,” jelas Mahanani di Surabaya, Rabu (26/2).

“Kalau dengan resep dokter itu sesuai kebutuhan. Tapi kalau dicampur pada obat tradisional kita tidak tahu dosisnya tidak tahu berapa banyak dia mencampurkan seperti itu,” imbuhnya.

produsen jamu kuat ilegal di Wiyung Surabaya
Barang bukti jamu kuat ilegal di Wiyung Surabaya yang diamankan polisi.

Sedangkan, bila mengonsumsi sildenafil tak sesuai resep dokter, dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berdampak pada gangguan ginjal dan jantung.

“Ginjal akan terganggu, jantung akan terganggu, justru membahayakan,” jelas Mahanani.

Sementara itu, ia mengaku Dinkes Jatim belum menerima laporan soal obat kuat ilegal. Pasalnya, hanya BPOM yang berwenang melakukan pengawasan.

“Dinas Kesehatan baik Kabupaten maupun provinsi fungsinya lebih ke pembinaan untuk pengawasan ke BPOM,” terangnya.

“Kita (dinkes) melakukan monev atau evaluasi bisa ke sarana informasi ke kabupaten/kota maupun pembinaan, diharapkan bekerja sesuai SOP yang berlaku,” pungkasnya.

Sumber: kumparan.com

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.