HETANEWS.COM

"Jaksa Masuk Sungai" Menyapa Nelayan di Sumut

Kajari Tanjungbalai-Asahan, A.A.G Satya Marakandeya saat berinteraksi dengan salah seorang pengusaha/nelayan yang ditemui dalam kegiatan "Jaksa Masuk Sungai" menyapa nelayan (ANTARA/Yan Aswika)

Tanjungbalai, hetanews.com - Program "Jaksa Masuk Sungai" yang dilancarkan Kejaksaan Negeri Tanjungbalai-Asahan (TBA) untuk menyapa nelayan  disambut hangat kalangan nelayan yang ditemui disepanjang perairan Sungai Asahan, Selasa (25/2/2020).

Kajari TBA, A.A.G Satya Marakandeya mengatakan, tujuan program/kegiatan itu untuk menyosialisasikan kepada nelayan tentang tugas jaksa karena mungkin dalam kesehariannya para buruh perikanan itu berada disungai atau laut sehingga terkesan jarang bertemu jaksa.

"Melalui kegiatan jaksa masuk sungai menyapa nelayan ini kami menginformasikan terkait peraturan-peraturan pelayaran, perikanan hingga penyalah gunaan narkoba yang berdampak proses hukum yang mungkin melibatkan nelayan," ujar Marakandeya.

Kajari melanjutkan, selain memengingatkan peraturan keselamatan dalam berlayar dan penggunaan alat tangkap yang dibenarkan, pihaknya juga mengimbau agar para nelayan tidak terlibat dalam penyelundupan orang atau TKI ilegal.

Begitu juga imbauan kepada pengusaha perikanan agar pada hari 'H' Pilkada Tanjungbalai 23 September 2020 mendatang tidak berangkat melaut supaya para nelayan bisa datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

"Kami gembira kehadiran jaksa menyapa disambut antusias dan direspon positif para nelayan. Kedepannya, kegiatan ini perlu ditingkatkan agar nelayan dekat dengan jaksa," ujar Kajari didampingi Kasi Intel, A.B Silitonga dan Kasi Pidsus, Bintang Simatupang.

Dalam kesempatan itu, Kasi Intelijen, AB Silitonga kepada puluhan nelayan yang ditemui menyampaikan tentang Kejaksaan yang selama ini ada persepsi masyarakat bahwa jaksa itu menakutkan, padahal tidaklah demikian.

"Ini adalah edukasi kepada masyarakat terutama nelayan. Akan terus dilaksakan dengan harapan mendapat respons positif dari nelayan dan semua pihak," kata AB Silitonga.

Pantauan dilapangan, dalam kegiatan itu tim jaksa masuk sungai juga memberikan replika bendera merah-putih dan sekotak minuman ringan kepada nelayan yang ditemui.

sumber: antarasumut.com

Editor: bt.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!