HETANEWS.COM

Jaksa Sebut Bukan Hanya Wanita Jadi Korban KDRT Tapi Suami Juga

Tim jaksa menyapa diketuai Kasi Intel, BAS Faomasi Jaya Laia. (foto/ ay)

Siantar, hetanews.com - Dalam kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), bukan hanya perempuan yang dikatakan sebagai korban, tapi laki - laki (suami) bisa mengadukan istrinya, jika melakukan kekerasan.

Saat ini sudah ada beberapa perkara yang menjadi tersangka/terdakwa adalah istrinya (wanita).

Demikian dipaparkan Kasi Intel Kejari Siantar, BAS Faomasi Jaya Laia SH MH, didampingi jaksa, Siti Martiti Manullang SH dan Anna Lusiana SH, melalui program jaksa menyapa, di radio CAS FM Siantar, Rabu (26/2/2020).

Melalui program ini, diharapkan masyarakat Siantar dan sekitarnya lebih banyak mengetahui tentang hukum, sehingga lebih sadar hukum dan menjauhi hukuman.

Melalui jaksa menyapa, Kejari Pematangsiantar telah banyak memaparkan tentang hukuman, jika terlibat dalam kasus narkotika, pencurian, penganiayaan dan bahkan tentang undang - undang perlindungan anak. "Kenali hukum dan jauhi hukuman,"katanya.

Menurut BAS, thema yang diangkat hari ini tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Siapa saja bisa bisa menjadi korban atau pelaku dalam kasus KDRT, namun capaian kasus yang naik ke persidangan, rata - rata ibu atau anak atau pembantu yang menjadi korban.

Sepanjang tahun 2019 hingga 2020, hanya beberapa kasus saja, yang suaminya melaporkan istrinya karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Penghapusan KDRT, diatur dalam UU No.23/2004. Dengan ancaman hukuman bervariasi, bisa 5, 10 dan bahkan 15 tahun penjara, tergantung jenis kekerasannya fisikis ataupun kekerasan seksual, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, program jaksa menyapa dan program jaksa masuk sekolah, diharapkan mempunyai dampak yang positif bagi masyarakat untuk lebih sadar hukum. Sehingga tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Dengan demikian kasus kriminal semakin minim, ungkapnya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan