HETANEWS

Kuota Tak Memenuhi, Penerimaan PPS Diperpanjang

Pendaftaran PPS di KPU Pematangsiantar, Selasa (25/2/2020).

Siantar, hetanews.com - KPU Pematangsiantar memperpanjang penerimaan Panitia Pemungutan Suara [PPS] setelah kuota PPS di 23 Keluarahan tidak mencukupi. Perpanjangan pendaftaran dimulai hari ini Selasa (25/2) hingga Kamis 27 Februari 2020.

“Masih ada 23 kelurahan yang belum memenuhi kuota. Setiap kelurahan minimal 6 orang yang mendaftar,” kata Komisioner KPU Pematangsiantar Nurbaiyah Siregar.

“Karena belum memenuhi kuota, maka pendaftaran PPS di 23 Kelurahan itu diperpanjang. Hanya khsusus di 23 kelurahan tadi,” katanya ditemui Selasa siang.

Awalnya pendaftaran PPS dibuka pada 18-24 Februari 2020. Jumlah yang mendaftar berkisar 300 orang. KPU menjaring 159 orang PPS, 3 orang per kelurahan di 53 jumlah Kelurahan Kota Pematangsiantar.  

Hanya saja dari 53 kelurahan, terdapat 23 kelurahan tak memenuhi kuota. “Ada itu kelurahan yang mendaftar sampai 14 orang, ada juga Cuma 3 orang yang mendaftar,” jelasnya.

Baca juga: Ojak-Efendi Serahkan Berkas Dukungan Ke KPU Pematangsiantar

KPU Pematangsiantar, kata Nurbaiyah telah membuka seluas luasnya informasi terkait pendaftaran. Mulai dari spanduk, pengumuman di kelurahan, media sosial dan website KPU Pematangsiantar.

Disinggung jika perpanjangan pendaftaran ini tetap tidak memenuhi kuota, pihaknya tetap optimis dan berupaya. Ia juga mengakui bahwa kurangnya kuota pendaftar PPS ini dialami oleh KPUD dibeberapa wilayah Sumut.

“Kita tetap berupaya dan tetap akan berkordinasi dengan provinsi,”ungkapnya

Nurbaiyah berharap warga Pematangsiantar ikut serta menyukseskan Pilkada yang digelar 23 September 2020 mendatang. “PPS adalah penyelenggara di tingkat kelurahan yang menentukan juga sukses tidaknya Pilkada kedepannya,” jelasnya.

Adapun Kelurahan yang kuota PPS belum terpenuhi, Kelurahan Bantan, Dwikora, Proklamasi, Teladan, Mekar Nauli, Suka Maju, Nagahuta Timur, Tong Marimbun.

Kemudian, Kelurahan Nagapitu, Tanjung Pinggir, Kelurahan Kristen, Martimbang, Bukit Sofa, Gurilla, Kelurahan Baru, Pahlawan dan Kelurahan Pardomuan.

Baca juga: Togar Singgung Kompensasi, Komisioner KPU RI Sarankan ke Kemendagri

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.