HETANEWS.COM

5 Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan

Ilustrasi. Jus sirsak memiliki beragam manfaat, mulai dari melindungi tubuh dari paparan radikal bebas hingga mengontrol tekanan darah. (Istockphoto/BokehRD)

Jakarta, hetanews.com - Sirsak dikenal sebagai buah tropis yang telah lama digunakan sebagai pengobatan alami. Jus sirsak punya beragam manfaat mulai dari menjaga tubuh dari beragam penyakit hingga mengontrol tekanan darah.

Sirsak berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Rasanya yang manis dan asam membuatnya cocok untuk diracik sebagai jus.

Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga rendah kalori dan kaya akan nutrisi. Satu buah sirsak mengandung vitamin B, C, protein, karbohidrat, serat, dan sejumlah senyawa antioksidan.

Berikut manfaat jus sirsak:

1. Sebagai agen antioksidan
Antioksidan menjaga tubuh dari paparan radikal bebas yang menimbulkan beragam jenis penyakit mulai dari jantung, diabetes, hingga kanker.

Sebuah penelitian pada tahun 2014, menemukan bahwa ekstrak sirsak memiliki banyak senyawa antioksidan. Sifat antioksidan ini ditemukan secara efektif dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Sebagai agen antiinfamasi
Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa sirsak memiliki sifat antiinflamasi. Sifat ini membuat sirsak dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Peradangan sendiri merupakan respons imun yang normal terhadap cedera. Namun, sejumlah bukti menunjukkan bahwa peradangan kronis berkontribusi terhadap timbulnya sejumlah penyakit.

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat sirsak sebagai agen antiinflamasi.

3. Menurunkan kadar gula darah
Hasil penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa sirsak membantu seseorang mengatur kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa sirsak secara signifikan mengurangi kadar glukosa pada darah.

Penelitian menunjukkan bahwa sirsak bermanfaat bagi penderita diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah
Sirsak sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan, sirsak dapat membantu mengurangi tekanan darah tanpa meningkatkan denyut jantung.

5. Membantu mengobati herpes
Herpes merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Herpes umumnya muncul pada alat kelamin dan mulut.

Sirsak dianggap sebagai pengobatan alternatif untuk herpes. Sebuah studi menemukan, ekstrak sirsak dapat melawan perkembangan virus herpes simplex.

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.