HETANEWS

Sanders Menangkan Kaukus Nominasi Capres Demokrat di Nevada

Bakal calon presiden dari Partai Demokrat, Bernie Sanders dan istrinya, Jane mendapat sambutan meriah dari pendukungnya. Foto: Reuters

Hetanews.com - Bakal calon presiden dari Partai Demokrat Bernie Sanders meraih kemenangan besar dalam kaukus Nevada, Sabtu (23/2/2020), memperkuat klaimnya untuk nominasi partai, tetapi memicu protes dari para penantangnya tentang peluangnya untuk mengalahkan Presiden Donald Trump dari Partai Republik dalam pemilihan nasional November mendatang.

Survei terhadap para peserta kaukus di Nevada membuktikan klaim Sanders, bahwa senator dari Vermont berusia 78 tahun itu unggul besar atas para penantangnya dalam hampir setiap kelompok demografis.

Dia dengan mudah mengungguli mantan Wakil Presiden Joe Biden, yang berada di urutan kedua dalam kaukus itu, dan mantan Walikota South Bend Indiana Pete Buttigieg, Senator dari Massachusetts Elizabeth Warren dan Senator dari Minnesota Amy Klobuchar berada jauh di belakangnya.

Sanders memimpin di antara pemilih yang memiliki gelar sarjana dan mereka yang tidak memilikinya dan dalam setiap kelompok umur, kecuali mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Di negara bagian pertama dalam serangkaian kontes pencalonan Partai Demokrat di mana terdapat pemilih yang beragam secara etnis, Sanders memenangkan lebih dari 50 persen suara pemilih Hispanik dan bahkan menang tipis di antara mereka yang diidentifikasi sebagai moderat atau konservatif.

Dari lebih separuh dari surat suara yang telah dihitung, Sanders memenangkan 46% suara, sementara Biden 20%, Buttigieg 15%, Warren 10% dan Klobuchar 5%.Biden, yang pernah unggul secara nasional di antara para calon Partai Demokrat untuk menghadapi Trump, mengklaim sukses meskipun hanya memenangkan kurang dari separuh suara yang memilih Sanders.

Sumber: voaindonesia.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.