HETANEWS

Masih 16 Tahun, Inilah Prestasi Atlet Angkat Besi Muhammad Faathir

Atlet angkat besi junior Muhammad Faathir. Foto: kemenpora.go.id

Jakarta, hetanews.com - Di usianya yang masih 16 tahun, atlet angkat besi Muhammad Faathir berhasil mengantongi enam medali emas dan mempertajam rekor dunianya di ajang Asia Youth and Junior Weightlifting Championship 2020 di Tashkent, Uzbekistan.

Adapun tiga dari medali emas tersebut berasal dari kelas 61 kg di Remaja Putra.Dengan kelas berat yang sama, tiga medali emas lainnya berasal dari kategori Junior Putra.Di kejuaraan yang sama, Faathir bahkan memecahkan rekor dia sendiri dengan berhasil mengangkat berat sebesar 273 kg.

Sebelumnya, dirinya meraih rekor dunia 272 kg di Kejuaraan Angkat Besi Youth dan Junior 2019 di Pyongyang, Korea Utara.Berhasil menoreh prestasi, dirinya bahkan menerima penghargaan beasiswa dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Namun, gemilang prestasi yang dimiliki Faathir merupakan hasil dari jerih payah sejak kecil. Remaja kelahiran Samarinda ini selalu menjalani latihan secara disiplin sejak berusia 11 tahun.Kerja kerasnya tidak mengkhianati hasil. Sebab, dirinya menjadi perwakilan Kalimantan Timur pada Kejuaraan Nasional di Padjajaran, Bandung.

Ia pun kemudian meraih kesempatan bersekolah di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Menpora. Pada tahun 2018, ia diajak untuk bergabung dengan pelatnas angkat besi Indonesia di Mess Kwini di daerah Jakarta.

“Saya itu awalnya diajak sepupu. Melihat sepupu juara di angkat besi, saya termotivasi dan ikut, kurang lebih waktu itu umur 11 tahun.Tahun 2015, saya ikut kejuaraan nasional di Padjajaran Bandung, Itu pertama kalinya saya keluar dari daerah.

Setelah itu, saya sering ikut Sports School Games.Dengan mengikuti pelatnas, saya juga semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi," ujar Faathir.Adapun debut pertama Faathir di kancah internasional adalah ketika mengikuti ajang Thailand Sports School Games.Semenjak itu, ia terus bertanding di Kejuaraan Asia hingga Dunia.

Saat ini, Faathir tengah mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia Junior 2020 yang akan berlangsung di Maret mendatang.Ia pun berharap dapat terus meningkatkan rekornya hingga ke angka 280 kg atau bahkan 300 kg.Namun, dirinya menyatakan ingin semuanya diraih secara bertahap.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.