Simalungun, hetanews.com - Jaksa Dhoniel Ferdinan SH, menuntut 4 warga Girsang Sipangan Bolon, masing - masing selama 3,6 tahun penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Ancaman hukuman itu, dibacakan jaksa dalam persidangan, Senin (24/2/2020), di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun.

Ke-4 terdakwa, Hotson Sinaga (28), Simson Sinaga (53), Riduan Hartomo Sinaga (36) dan Budi Lubis (36).

Menurut jaksa, para terdakwa telah terbukti menggunakan sabu dan melanggar pasal 127 (1) huruf a UU RI No 35/2009 tentang penyalahgunaan Narkotika bagi diri sendiri.

Para terdakwa ditangkap Satres Narkoba Polres Simalungun, Parlin Saragih, Andi Nainggolan dan Donald Tobing, pada Jumat (2/8/2019) lalu, dari belakang warung Sopar Silaen, di jalan Nelson Purba, Kelurahan Tiga Raja Girsip. Saat diamankan petugas, para terdakwa sedang pesta sabu.

Barang bukti yang disita, berupa sabu seberat 0,72 gram (bruto), alat alat hisap, bing, kaca pirex, mancis dan lainnya. Diakui para terdakwa, jika sabu dibeli secara patungan dari Yudi (DPO).

Hal yang memberatkan, menurut jaksa, jika perbuatan para terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal meringankan, para terdakwa bersikap sopan. Untuk mendengarkan putusan majelis hakim, Roziyanti, Aries Ginting dan Mince Ginting, sidang ditunda hingga Rabu mendatang.