HETANEWS.COM

PKS: Anies Punya Modal Besar Jadi Capres 2024, di Barisan Muda Dia Terdepan

Mardani Ali Sera: dok. DPP PKS

Jakarta, hetanews.com - PKS bicara peluang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju di pertarungan Pilpres 2024. PKS menilai Anies memiliki modal besar di Pilpres 2024 nanti.

"Mas Anies punya modal besar. Di barisan anak muda, beliau terdepan," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Mardani mengatakan tantangan terbesar Anies adalah adanya aturan Kemendagri UU Nomor 10 Tahun 2016, nantinya Pilkada 2022 tidak akan ada PIlkada lagi. Namun, menurut Mardani peluang politik pasti terbuka untuk siapapun.

"Tantangannya, tahun 2022 tidak ada Pilkada. Akan ada Plt Gubernur DKI yang menurut UU 10 Tahun 2016 wewenang Kemendagri. Tantangan Mas Anies selama dua tahun krusial akan menentukan kandidasinya. Apapun, dalam politik semua kemungkinan tetap terbuka. Khususnya bagi para Kepala Daerah dan para Menteri," katanya.

Sementara itu, terkait nama Prabowo Subianto yang disebut menjadi kandidat Capres Terkuat. Mardani menilai tingkat popularitas Prabowo memang diakui tinggi karena euforia masyarakat masih terasa di Pilpres 2019 kemarin.

Namun, Mardani menilai Pilpres 2024 nanti tidak akan diisi oleh generasi tua, melainkan generasi muda. Generasi penerus seperti Gubernur, Wali Kota atau bahkan Menteri yang akan menjadi calon-calon utama.

"Tahun 2024 menurut saya tahunnya orang muda memimpin Indonesia. Para Gubernur, walikota dan Menteri diantara calon2 utama. Tahun 2024 eranya anak muda," katanya.

Sebelumnya, nama Anies Baswedan menjadi kepala daerah yang paling populer untuk menjadi capres 2024 versi survei Indo Barometer. Anies menempati peringkat pertama dengan skor 91,7%.

"Anies Baswedan 91,7%. Anies sangat dikenal, Ridwan Kamil (Gubernur Jabar) 65,8% dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) cukup dikenal. Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya) 49,9% dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) 47,8%, Nurdin Abdullah (Gubernur Sulsel) 10,7% kurang dikenal di bawah 50%," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari di Hotel Century Park Senayan, Jakarta, Minggu (23/2).

Nama Anies ini disebut akan bersaing dengan Menhan Prabowo Subianto. Prabowo dan Anies disebut akan bertarung di Pilpres mendatang.

Survei dilakukan pada 9 Januari 2020 sampai 15 Januari 2020. Sampel dari survei ini berjumlah 1.200 responden dari 34 provinsi. Margin of error survei sebesar 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data wawancara dan tatap muka responden menggunakan kuesioner.

sumber: detik.com

Editor: sella.