HETANEWS

Ojak-Efendi Serahkan Berkas Dukungan Ke KPU Pematangsiantar

Ojak-Efendi menyerahkan berkas dukungan calon perseorang ke KPU Pematangsiantar, Minggu (23/2/2020).

Siantar, hetanews.com – Bakal calon Walikota dan wakil Walikota Pematangsiantar jalur perseorangan, Ojak Naibaho dan Efendi Siregar menyerahkan berkas dukungan ke KPU Pematangsiantar, Minggu (23/2/2020) sore.

“Disini sudah ada 3 jenis formulir sudah diserahkan. Untuk selanjutnya kita akan hitung bersama dan bersama sama KPU dan Bawaslu Pemangsiantar dan juga Tim bakal calon perseorangan akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dukungan,” kata Ketua KPU Daniel Sibarani.

“Apa pun yang menjadi keputusan sesudah berkas ini diperiksa kita siap menerima,”katanya.

Masih kata Daniel, sebelumnya paslon Ojak-Efendi sudah menyerahkan mandat dan telah diberikan username kepada tim untuk mengisi Silon [Sistim Informasi pencalonan].

Ojak-Efendi menyerahkan berkas dukungan dihari terakhir jadwal penyerahan dokumen perseorangan yang dibuka sejak Rabu 19 Februari hingga Minggu 23 februari 2020.

“Mereka hadir untuk menyerahkan berkas dukungan dalam format B1KWK, B11KWK dan B2 KWK. Sejauh ini yang kita terima masih pasangan Ojak-Efendi, hanya satu pasangan calon,” jelasnya.

Daniel Sibarani

Ada 3 tahapan yang dilalui agar dinyatakan lolos sebagai pasangan calon perseorangan. Pertama penghitungan syarat dukungan, verifikasi administrasi dan terakhir verifikasi faktual. Untuk saat ini KPU masih melakukan penghitungan jumlah berkas dukungan.

“Pertama, berkas yang kita hitung jumlah dan sebarannya, yang kita sesuai dengan B1 KWK dan B2 KWK yang di print dari Silon KPU. Sesudah penghitungan jumlah dan sebaran itu, kita lanjut verifikasi administrasi. Kita periksa kesesuaian data pendukung dalam bentuk KTP atau surat keterangan ke format B1 KWK. Setelah itu kita verifikasi vaktual,” jelasnya.

Ojak Efensi menyerahkan berkas dukungan ke KPU Pematangsiantar sebanyak 19254 dengan sebaran 8 Kecamatan dan 53 Kelurahan di Pematangsiantar. Ojak Efendi menyerahkan dukungan lebih dari syarat dukungan minimal yang ditetapkan KPU Pematangsiantar yakni 17910.

Baca juga: Ojak-Effendi Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Jalur Perseorangan

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.

Komentar 1