HETANEWS

Walikota Dinilai Tak Menguasai Hingga ‘Pembisik’ Diusir

Suasana pemeriksaan dan penyelidikan Walikota Hefriansyah oleh Pansus Hak Angket DPRD Pematangsiantar, Sabtu (22/2/2020).

Siantar, hetanews.com – Pansus Hak Angket DPRD selesai melakukan pemeriksaan kepada Walikota Hefriansyah atas dugaan penyalahgunaan wewenang. Selama pemeriksaan bergulir 2 pejabat diusir karena dianggap melanggar etika penyelidikan.

Pemeriksaan dan penyelidikan Walikota, Pansus memberi kelonggaran. Hefriansyah dibantu para pejabat pemko yang duduk dibelakang posisi Hefriansyah. Pansus pun mempersilahkan Walikota berkordinasi dengan pejabatnya sebelum menjawab pertanyaan.

Menurut anggota Pansus, selama penyelidikan  terlihat jelas Hefriansyah selama ini kurang menguasai penyelenggaraan pemerintahan.

“Kecapakan Walikota  tidak begitu menguasai dalam hal penyelenggaraan pemerintahan,” kata Metro Hutagaol, Sabtu (22/2/2020) sore, usai pemeriksaan.

Senada dengan Metro, Ketua Pansus juga berpendapat demikian. “Yang jelas kita tadi perhatikan Walikota tidak pernah mengetahui apa yang dikerjakan para kepala OPD,” tandasnya.

Selama bergulirnya pemeriksaan, Hefriansyah menjawab pertanyaan dibantu oleh jajaran OPD. Pemeriksaan ini disaksikan oleh para jajaran OPD, masyarakat dan wartawan.

Dinamika dalam pemeriksaan pun terjadi. Munculnya ketegangan membuat para hadirin bersorak bahkan bertepuk tangan merespon dinamika yang terjadi.

Akhirnya Pansus mengeluarkan oknum ASN yang dianggap mengganggu persidangan karena bertepuk tangan. Bahkan dua pejabat yang membantu Walikota saat menjawab pertanyaan, diusir karena dianggap sebagi 'pembisik' dan satu lagi dianggap hanya senyum-senyum.

Walikota Hefriansyah diwawancarai para awak media usai persidangan menolak berkomentar. “Kan sudah jelas tadi,” katanya. “Kalau mau banyak [penjelasan] langsung ke Humas saja,” ucapnya bergegas masuk ke dalam mobil dinasnya.

Baca juga: Selesai Periksa Walikota, Ada Usulan Ke KPK dan APH

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.