HETANEWS.COM

Selesai Periksa Walikota, Ada Usulan Ke KPK dan APH

Walikota Hefriansah menyalami anggota Pansus usai agenda pemeriksaan berakhir, Sabtu (22/2/2020) sore di ruang gabungan Komisi DPRD Pematangsiantar.

Siantar, hetanews.com – Pansus Hak Angket DPRD selesai melakukan pemeriksaan dan penyelidikan kepada Walikota Hefriansyah atas dugaan penyalahgunaan wewenang. Selanjutnya Pansus Hak Angket DPRD akan meminta pendapat ahli.

“Kesimpulannya ini akan kami rangkum, nanti semua [hasil penyelidikan] akan disusun redaksinya, termasuk bagaimana dengan pendapat hukum, pendapat pakar hukum Tata Negara akan kami konsul lagi.”

“Agenda selanjuntnya, Senin nanti kami akan konsultasi. Dengan hasil ini [Penyelidikan] akan kami minta pendapat ahli ke USU [Universitas Sumatera Utara] Medan,” kata Ketua Pansus, Rini Silalahi, usai pemeriksaan Walikota Hefriansyah, Sabtu (22/2/2020) sore.

Pansus Hak Angket menyelidiki 8 Poin dugaan penyalahgunaan wewenang Hefriansyah. Ke-8 poin itu dipertanyakan langsung kepada Walikota dimulai pukul 09.45 WIB- 18.00 WIB, disaksikan oleh masyarakat media dan para OPD.

“Kalau sesuai dengan jadwal akan kita serahkan [Hasil kesimpulan] pada tanggal 27 sebelum paripurna yang dijadwalkan tanggal 28 Februari 2020. Semoga kita bisa merangkumkan ini agar selesai tepat waktu,” jelas Rini.

Selama pemeriksaan bergulir, setidaknya  ada dua usulan anggota Pansus agar menindaklanjuti hasil penyelidikan  ke Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK]  dan APH [Aparat Penegak Hukum].

“Ada beberapa usulan supaya menindaklanjuti ke KPK terkait dengan pergesan anggaran Rp 46 Miliar. Pada saat kami konsultasi ke BPK sembelumnya, BPK juga mendorong hasil angket ini nanti, yang tidak sesuai dan yang melanggar peraturan perundang undangan kami akan bawa ke APH.”

“Begitu juga dengan pemborosan anggaran akibat pemindahan tugu Sang Naualuh. Jadi yang jelas dua poin ini pada saat penyelidikan, kita akan sampaikan ini ke KPK,” tegas Rini.

Baca juga: Persoalan Tugu Sang Naualuh Akan Dilaporkan Ke KPK

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!