HETANEWS

Ahmad Basarah: Internal PDIP Banyak yang Ingin Calonkan Gibran di Pilwalkot Solo

Bakal cawali dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka saat bertemu komunitas potong rambut Madura di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (11/1).

Solo, hetanews.com - PDIP belum menentukan nasib pencalonan putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka untuk Cawalkot Solo.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, pihaknya masih melakukan konsolidasi di internal partai. Sehingga, ketika pengumuman, PDIP solid mengusung satu calon.

"Kami belum memutuskan calon wali kota dan wakil wali kota Solo karena masih ada beberapa hal yang masih kami konsolidasikan. Memastikan saat pengumuman, seluruh struktur partai sudah dalam keadaan siap solid kompak," kata Basarah di Gedung DPR, Senayan, Sabtu (22/2).

Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor DPP PDIP
Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor DPP PDIP.

Meski demikian, ia mengungkapkan Gibran memiliki peluang besar untuk diusung partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu. Terlebih, kata dia, dalam internal banyak yang menginginkan mengusung Gibran.

Namun, Basarah menyebut seluruh keputusan berada di tangan Megawati.

"Sampai sejauh ini peluang Gibran dicalonkan PDIP cukup besar. Tapi saya tidak mau mendahului keputusan Ketua Umum. Tapi secara dinamika politik internal di DPP partai, keinginan mencalonkan Gibran sebagai calon Wali Kota Solo itu besar," tuturnya.

"Tapi keputusan akhir tetap menunggu ketua umum PDIP. Saya belum mau berandai-andai ya bagi pencalonan gibran di PDIP," lanjut Basarah.

Sosialisasi 4 pilar MPR RI
Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah memberikan sambutan di acara sosialisasi 4 pilar dan cerdas cermat MPR RI, Sabtu (22/2).

Wakil Ketua MPR itu menyebut sejumlah pertimbangan partainya akan mengusung Gibran lantaran mereka ingin mempersiapkan calon pemimpin yang dapat merangkul generasi milenial.

"Tentu kami punya pertimbangan. Salah satunya adalah mengingat posisi gibran ini dr kalangan milenial. Di 2030, Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana usia produktif akan lebih banyak dari usia non-produktif," ucap dia.

"Sehingga kalau bicara aspek elektabilitas, maka Gibran adalah bakal calon wali kota yang dapat mengambil porsi pemilih milenial. Jadi dengan pertimbangan kualifikasi politik itu, bagi saya bukan semata-mata Gibran anak Pak Jokowi," tandas Basarah.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.