HETANEWS

Pokja Sumut Bermartabat berikan kiat sukses dan siap fasilitasi UMKM

Ketua Pokja Sumut Bermartabat Disperindag Sumut Abdul Hafaz Rangkuti (kanan) didampingi Sekretarisnya Nirmadarningsih Hiya (kiri) berfoto bersama dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah), Sekda Sumut Sabrina (kanan kedua) dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut Zonny Waldy (kiri kedua) saat menghadiri pelepasan ekspor komoditas pertanian Sumut di Medan, Kamis (20/2)

Medan, hetanews.com - Pokja (Kelompok Kerja) Sumut Bermartabat Disperindag Provinsi Sumatera Utara yang dibina Dinas Indag Sumut akan memberikan kiat sukses bagi para pelaku usaha UMKM, UKM dan IKM yang ada di Sumatera Utara dan memfasilitasi terkait pemasarannya.

"Bukan hanya mengangkat UMKM naik kelas termasuk mengurus izin birokrasi, packing atau kemasan, memberi motivasi, mengikuti pameran baik di dalam dan luar negeri, serta mencari pasar itu sudah menjadi tugas kami," kata Ketua Pokja Sumut Bermartabat Disperindag Sumut Abdul Hafaz Rangkuti  melalui Kepala Humas Pokja Sumut Bermartabat Disperindag Sumut, Efriadi Gusman Effendi di Medan, Jumat (21/2). 

Selain itu, Pokja Sumut Bermartabat juga bertujuan untuk menjembatani ke para pelaku usaha kepada pembeli tingkat lokal dan tingkat global.

Dalam kinerjanya Pokja tidak lepas dari kepedulian kepada para pelaku usaha kecil menengah yang bukan hanya di kota, bahkan ke desa. Sebab POKJA melihat kesenjangan, seperti ada jarak pembatas desa dengan kota, sementara rotasi perekonomian yang di kota merupakan hasil bumi, komoditi yang dikerjakan rakyat di desa. 

"Pokja berharap adanya perubahan, agar kelompok tani, pelaku usaha kecil menengah di desa bisa langsung mendapat pasar tanpa adanya perantara/agen yang membeli produksi mereka dengan sangat murah sementara harga yang dijual lagi nanti sangat tinggi, seperti yang selama ini kita ketahui bersama," tambahnya.

Salah satu program kerja Pokja, selain bersosialisasi dan edukasi di pedesaan, juga ada program desa digital dan desa organik. Yang mana Pokja sebelumnya sudah merealisasikan membantu listrik masuk ke dusun, memberi bibit tanaman kepada kelompok tani.

"Pokja Sumut Bermartabat Disperindag Sumut yang berjalan yang hampir satu semester bekerja tanpa biaya/Non APBD Sumut ini tidak lepas dari kerja keras para tokoh intelektual, akademisi praktisi, enterpreneur, pengusaha dan pedagang," katanya.

Program kerja Pokja ini sejalan mendukung visi misi Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah dalam membangun Desa menata Kota dan menghimbau agar warga Sumatera Utara bersama mendukung kinerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mewujudkan Sumut Bermartabat.

Sumber: antaranews.com 
 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.