HETANEWS

Viral Video Produksi Masker Tak Steril, Diinjak-injak dan Diduduki Pegawai

Ilustrasi memakai masker.

Jakarta, hetanews.com - Sebuah video berdurasi 1 menit 22 detik di media sosial Twitter viral. Dalam video yang diunggah akun @Julia_Zeed itu terlihat beberapa orang sedang duduk sambil memilah masker dengan cara yang tak steril.

"Hari rabu tanggal 19 Februari 2020, waktu menunjukkan jam 12 lewat 30 menit, ini untuk orderan Ibu Mariyana melalui mediator dengan Bapak Yanto di Jakarta," ujar laki-laki yang merekam video itu.

Laki-laki yang tak diketahui namanya itu mengatakan ruangan itu merupakan pabrik sekaligus gudang. Sedangkan yang dilakukan beberapa perempuan yang ada di situ merupakan proses sortir.

"Saya ambil satu ini, merknya Solida. Ini barangnya asli, jadi kalau misalnya ibu mau order atau booking silakan melalu mediator bapak Yanto di Jakarta," ujar laki-laki itu.

Video yang diunggah pada Kamis (20/2) itu langsung viral, dan telah diretwitt lebih dari dua ribu kali.

Menanggapi video viral itu, pihak Manajemen Solida melalui sebuah video berdurasi dua menit 26 detik yang diunggah di media sosial Instagram resmi mereka, langsung mengklarifikasi dan mengatakan kalau potongan video itu bukanlah pabrik milik mereka.

"Video ini merupakan pabrik resmi masker SOLIDA yang berlokasi di Yogyakarta. Sangat berbeda dengan video viral yang beredar di media sosial belakangan ini," tulis manajemen Solida dalam keterangan video.

NO COVER-Klarifikasi produsen masker Solida soal video hoaks
Klarifikasi produsen masker Solida soal video hoaks.

Mereka juga menyayangkan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan merek dagang mereka.

"Video hoax tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan tampak seperti black campaign. Pabrik masker Solida berstandar HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points), ISO (International Organization for Standardization) dan dikerjakan oleh mesin dalam ruang clean room dan langsung masuk box," katanya.

kumparan telah mencoba menghubungi nomor kontak pihak manajemen Solida untuk mengklarifikasi video viral itu, namun belum mendapat respons.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.