HETANEWS

Inilah Peran Seorang Bhabinkamtibmas di Tengah Masyarakat yang Patut Diapresiasi

Bhabinkamtibmas Polsek Bangun, Brigadir Lambas BM Simamora, pada Jumat (21/2/2020) pagi, bersama dengan Ibu - ibu Lansia, di halaman Kantor Pangulu Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Simalungun, hetanews.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bertugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat, serta menjaga keamanan dan ketertiban, di tengah - tengah masyarakat.

Dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Polri dengan menyampaikan himbauan, sosialisasi, serta pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat.

Salah satu yang berperan dalam menyampaikan hal tersebut ialah seluruh anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) jajaran Polres Simalungun, dimana mereka  merupakan anggota Polri yang ditugaskan di setiap  Kelurahan, maupun Kecamatan yang ada di wilayah tugas mereka, di Kabupaten Simalungun.

Dimana fungsinya  melaksanakan kunjungan, menyambangi masyarakat untuk mendengarkan keluhan masyarakatnya tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi tali persaudaraan, serta membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Kemudian, menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Seperti personil Bhabinkamtibmas Polsek Bangun, Brigadir Lambas BM Simamora, pada Jumat (21/2/2020) pagi, bersama dengan Ibu - ibu Lansia, di halaman Kantor Pangulu Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, menyampaikan pesan - pesan Kamtibmas dalam menjaga keamanan dan kerukunan antara umat beragama, dan menolak keras yang namanya radikalisme dan terorisme.

"Salah satu tugas Bhabinkamtibmas, berupa menyampaikan pesan - pesan dan himbauan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui apa - apa saja yang harus mereka ketahui dan lakukan. Khususnya dalam menjaga diri terhadap ancaman dan gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Penulis: tim. Editor: gun.