HETANEWS

Peningkatan Daya Saing SDM Mutlak Diperlukan

United Tractor MoU dengan SMKN 2 Batangtoru

Tapanuli selatan, hetanews.com - Induk usaha Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Martabe, United Tractor, menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan SMKN 2 Batangtoru.

MoU dilakukan di gedung sekolah setempat, Desa Sipenggeng, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Hadir dalam acara perwakilan manajemen Agincourt Resources, United Tractor, serta pejabat UPT Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara cabang Padangsidimpuan.

Direktur Operasional United Tractor, Darryn McClelland mengatakan, menghadapi revolusi industri 4.0 bonus demografi telah menjadi perhatian khusus pemerintah pusat saat ini dalam mempersiapkan tenaga kerja yang siap bersaing di pasar global.

"Keharusan peningkatan daya saing sumber daya manusia dan revitalisasi pendidikan vokasi secara terpadu mutlak diperlukan untuk menyongsong bonus demografi tersebut," katanya, Jumat (21/2).

Dijelaskan, revitalisasi SMK memiliki payung hukum Instruksi Presiden Nomor 9/2016. Kehadiran Inpres ini sebagai upaya peningkatan kualitas daya saing sumber daya manusia lulusan SMK.

"Untuk mendukung program pemerintah itu, kami melalui program Sekolah Binaan Tractors atau Sobat mengambil bagian dengan menargetkan SMKN Batangtoru, khususnya jurusan teknik alat berat sebagi sekolah binaan," terangnya.

Beberapa program penting yang akan dilakukan dari MoU ini, pendamping dan penguatan sinkronisasi kurikulum yang link and match dengan DU/DI, pengembangan teaching factory dan konsep pembelajaran berbasis produksi barang atau jasa yang mengacu pada standar, serta prosedur dunia industri.

Kepala SMKN 2 Batangtoru, Nurlaili Simanjuntak, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi atas dukungan Agincourt Resources dan United Tractor terhadap jurusan teknik alat berat.

"Sejak sekolah ini berdiri tahun 2012, Agincourt Resources sudah sangat banyak membantu, semoga dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan ke depan," harapnya.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.