HETANEWS

Rusia Akan Bangun Kapal Pemecah Es Terkuat di Dunia

Hetanews.com - Kapal ini dapat menembus es musim dingin Samudera Arktik dengan ketebalan lebih dari empat meter untuk membuka jalan bagi kapal dagang dari seluruh dunia.

Pada hari terakhirnya sebagai Perdana Menteri Rusia, pertengahan Januari lalu, Dmitry Medvedev menandatangani surat keputusan untuk mengalokasikan 127 miliar rubel (sekitar Rp28 triliun) untuk pembangunan kapal pemecah es terkuat di dunia.

Kapal bertenaga nuklir generasi baru yang diberi nama Lider (Pemimpin) ini memiliki daya 120 megawatt (MW).Selain ditetapkan sebagai yang termahal dalam sejarah modern Rusia, proyek ini juga merupakan salah satu yang paling hemat biaya tidak hanya untuk Rusia, melainkan juga bagi para mitra.

Mengapa kapal ini dibutuhkan?

Tugas utama Lider adalah memastikan transportasi barang sepanjang tahun melalui Rute Laut Utara, yang membentang dari Laut Barents ke Selat Bering.

“Transportasi barang dari Eropa ke Asia melalui Rute Laut Utara dua kali lebih cepat dari Terusan Suez.Namun, lalu lintas kapal terhambat oleh lapisan es yang tidak dapat ditembus, yang terbentuk selama 6 – 7 bulan dalam setahun. 

Lider akan mengatasi masalah ini. Seperti yang telah ditunjukkan oleh tes desain, kapal ini dapat memecahkan es setebal 4,3 meter dengan kecepatan 2 – 3 knot (3,7 – 5,6 km/jam).”

Namun, ketika melaut nanti, Lider akan melakukan perjalanan dengan kecepatan 13 knot (24,1 km/jam), meninggalkan jalur selebar 50 meter untuk kapal yang mengirimkan barang antara Eropa dan Asia.

“Potensi kapal itu sangat besar dan bisa meningkatkan kapasitas angkutan barang dari Rute Laut Utara menjadi 70 juta metrik ton per tahun.Ini sangat relevan untuk mengangkut mineral ke Asia,” tambah sang sumber.

Karakteristik Lider

Lider memiliki kemandirian yang tak tertandingi, karena bahan bakar nuklirnya hanya perlu diganti setiap 4 – 5 tahun sekali.Satu-satunya persediaan yang harus diisi kembali pada saat berlabuh di pelabuhan adalah awak kapal.Kapal ini dapat membawa perbekalan yang cukup untuk melaut selama delapan bulan.

Spesifikasi:

Panjang: 209 meter

Lebar: 47,7 meter

Tinggi: 18,9 meter

Sarat air (Draft): 13 meter

Perpindahan: 70.600 metrik ton

Daya: 120 MW

Kecepatan tertinggi: 23 knot (42,6 km/jam)

Kemampuan memecahkan es: 4,3 m

Awak: 63 orang

Sumber: id.rbth.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.