HETANEWS.COM

Terdakwa Mawan Sitompul Ngaku Ngasih Uang ke Juper Makanya Dibebaskan, Hakim: Jangan Asal Ngomong

Terdakwa diantar petugas menuju sel tahanan sementara, di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terungkap dalam persidangan PN Simalungun, Kamis (20/2/2020), terdakwa Mawan Sitompul als Darmansyah (28), didakwa melakukan pencurian getah milik perkebunan Bandar Betsy, di Kecamatan Bandar Huluan.

Menurut saksi - saksi dari perkebunan Bandar Betsy, jika sebelumnya Mawan sudah pernah melakukan pencurian yang sama. "Terdakwa sudah sering mencuri getah,"kata saksi dalam persidangan siang itu.

"Jadi kamu sudah pernah dihukum,"tanya A Hadi Nasution SH, sebagai ketua majelis hakim. "Belum pak,"kata terdakwa.

Hakim sempat heran, jadi bagaimana kamu bisa bebas dan tidak diproses setelah dilaporkan?, tanya hakim. "Ngasih uang sama jupernya (juru periksa) pak,"katanya singkat. "Jangan asal ngomong,"kata hakim lagi.

Terdakwa Mawan telah didakwa jaksa Lidya, mencuri getah sebanyak 40 kg yang mengakibatkan pihak kebun Bandar Betsy mengalami kerugian RP627.880 ribu. Pencurian itu dilakukan terdakwa pada Sabtu, 2 November 2019 LQLU, di areal kebun karet Bandar Betsy.

Petugas security kebun yang melakukan penangkapan terhadap Mawan, langsung membawanya ke Polsek Perdagangan, bersama barang bukti.

Usai persidangan, terdakwa yang digiring petugas tidak mau lagi mengatakan siapa nama juper yang telah menerima uang dan membebaskan dirinya, ketika kasus pencurian sebelumnya, saat ditanya wartawan.

Untuk mendengarkan tuntutan jaksa, ketua majelis hakim, A Hadi Nasution, didampingi Aries Ginting dan Hendrawan Nainggolan, masing - masing sebagai hakim anggota, menunda persidangan hingga Kamis mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengaktivasi langganan!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengaktivasi langganan!