HETANEWS

Anak Diselkan Ibunya karena Curi Ulos dan Cabai

Terdakwa digiring petugas. (foto/ ay)

Simalungun, hetanews.com - Sebenarnya tidak ada ibu yang menginginkan anaknya masuk penjara, karena pasti sangat terlukanya hatinya. Apalagi saat menjadi saksi dalam kasus anaknya.

Namun ibu ini terpaksa menjebloskan anaknya ke penjara karena sudah tidak tahan lagi melihat sikap anaknya.

Rasa kecewa itu diungkapkan Rosmaria Supangkat dan Sangkot Simbilon, di depan persidangan PN Simalungun, Kamis (20/2/2020).

"Apa tidak mau mencabut pengaduannya," tanya hakim saat itu.

"Tidak pak, saya berharap anak kami bisa berubah dan biar mendapatkan ganjaran dari perbuatannya. Dengan harapan, dia bisa berubah menjadi lebih baik lagi,"kata Sangkot Simbolon.

Anaknya, Hotlan Simbolon (24), menjadi terdakwa dalam kasus pencurian dalam keluarga. Hotlan telah didakwa melakukan pencurian 100 helai kain ulos dan 15 kg cabai milik orangtuanya.

Orangtua terdakwa. (foto/ay)

Ulos yang dicuri sebanyak 100 helai dari rumahnya, di jalan Kuala Tanjung, Kelurahan Perdagangan I, Kecamatan Bandar, pada Minggu, 3 Nopember 2019 lalu, dibawa saat orangtuanya berjualan di pasar. Lalu dijual melalui Hamabel, seharga Rp200 ribu dan hasilnya dibagi 2. Sedangkan 15 kg cabai milik orangtuanya dibawa kabur.

Dan saat dilarang orangtuanya, terdakwa tidak perduli dan langsung melarikan diri. Saksi korban, yakni orangtuanya, berusaha mengejar terdakwa, tapi terjatuh dan mengalami luka.

Cabai dijualnya seharga Rp200 ribu, di Pajak Lama Perdagangan. Jaksa Melnita menjeratnya dengan pasal 367 (2) KUH Pidana.

Salah satu hakim anggota sempat merasa heran dengan sikap terdakwa "kamu punya penyakit suka mencuri ya, jangan coba - coba kau mencuri didalam sana ya,"kata hakim.

Sementara, kedua orangtua korban, yang sudah memberikan kesaksian, terlihat duduk di ruang belakang, dekat sel tahanan.

Mereka terduduk dan tersandar, di area ruang tahanan sementara PN Simalungun.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.