HETANEWS

Ingin Kinerja Polri Membaik, Mahfud MD Usul Ini ke Presiden

Ilustrasi Polisi. Foto: Istimewa

Jakarta, hetanews.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD menyampaikan usulan untuk meningkatkan kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ke depan.

Usulan tersebut disampaikan Mahfud MD dalam pertemuan tertutup yang digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

“Kompolnas itu sebuah lembaga yang dibentuk untuk beri usulan kebijakan kepada Presiden untuk perbaiki atau membuat kinerja Polri menjadi baik, dan sekarang kita sampaikan ke Presiden.Karena Ketua Kompolnas itu Menko Polhukam,” kata Mahfud MD seusai rapat internal dengan Presiden.

Beberapa usul yang disampaikan di antaranya penindakan hukum tidak dipengaruhi pertimbangan politik.

 “Misalnya, kalau yang terlibat ini orang Papua, jangan ditindak biar tidak ramai karena sedang ada isu Papua Merdeka. Oh, itu tidak boleh.Hukum ya hukum, yang penting transparan kepada masyarakat. Itu antara lain yang dilaporkan," terang Mahfud MD.

Tidak hanya itu, Mahfud MD juga memberikan masukan terkait pendekatan restorative justice yang sedang digalakkan.Hal ini diusulkan ke polsek untuk tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan, melainkan lebih diarahkan membangun ketertiban, keamanan dan pengayoman kepada masyarakat.

"Soal kasus pidana, nanti ke polres kota dan kabupaten.Ini yang penting untuk struktur kepolisian agar pendekatan restorative justice, pendekatan pengayoman dan ketertiban masyarakat lebih ditingkatkan tanpa terlalu banyak ikut campur urusan hukum pidana kalau polsek,” ujar Mahfud MD.

Diterangkannya, selama ini penilaian polsek menggunakan sistem kejar target.Hal ini membuat Mahfud MD khawatir kalau tidak menemukan kasus pidana, lantas polsek dianggap tidak bekerja.

"Lalu kasus yang kecil-kecil yang ditonjolkan.Seharusnya diselesaikan dengan restorative justice, perdamaian, dan kekeluargaan, sehingga polsek tidak cari-cari perkara,” papar Mahfud MD.

Sumber: beritasatu.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.