HETANEWS

Pemkab Simalungun Gandeng FIB USU Gelar Seminar Pahlawan

Bupati Simalungun JR Saragih diabadikan bersama Dekan FIB USU, Dr Budi Agustono di Ruang Dekan FIB USU, Medan.

Medan, hetanews.com - Bupati Simalungun JR Saragih menggandeng Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) untuk menggelar seminar terkait pejuang kemerdekaan asal Simalungun, Tuan Rondahaim Saragih.

Dekan FIB USU, Dr Budi Agustono mengatakan, kedatangan Bupati Simalungun JR Saragih ke FIB USU adalah untuk menggelar kerja sama seminar dengan judul “Perjuangan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Kolonialisme Belanda”.

“Kita sudah langsung mengkontak pembicara yang akan terlibat dalam kegiatan seminar nasional itu, di antaranya Dr Abdul Syukur dari UNJ, Jakarta. Lalu Dr Liana Tanjung dari Unimed dan Dr Suprayitno dari USU serta satu pembicara dari Kementerian Sosial,” ujar Dr Budi Agustono kepada Analisadaily.com, Rabu (19/2).

Sebelumnya di Ruangan Dekan FIB USU, JR Saragih datang bersama rombongan dan disambut Dekan FIB Budi Agustono, Wakil Dekan II Heristina Dewi dan Wakil Dekan III Prof Ikhwanuddin Nasution.

JR Saragih berharap seminar tersebut bisa mendorong Tuan Rondahaim Saragih dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

Dia menjelaskan, seminar itu merupakan upaya Pemkab Simalungun untuk menjadikan Tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan naisonal adalah untuk mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Kita tahu kapasitas FIB USU di bawah kepemimpinan Dekan Budi Agustono akan mampu membuat kegiatan yang mau menarik perhatian pemerintah pusat dan khalayak, serta khususnya mampu mematik diskusi sehingga memberikan refrensi akademis terkait kiprah Ronda Haim dalam perjuangan kemerdekaan," katanya.

Permintaan Pemkab Simalungun itu langsung direspons positif pihak dekanat yang langsung membentuk kepanitiaan. Diagendakan pelaksanaan seminar digelar 4 Maret 2020 di FIB USU.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.