HETANEWS

Viral Puting Beliung di Lepas Pantai Uluwatu, Bali, BMKG Imbau Turis Waspada

Ilustrasi angin puting beliung.

Bali, hetanews.com - Video puting beliung melanda kawasan lepas pantai bagian selatan Bali, tepatnya di Uluwatu, Jimbaran, Badung, pada Selasa (18/2). Video itu viral di media sosial. BMKG mengimbau para turis waspada atas fenomena alam ini.

Kabid Data dan Informasi Balai BMKG Bali Imam Faturahman mengatakan, puting beliung yang terjadi merupakan dampak musim hujan.

"Pada dasarnya puting beliung terjadi dari embusan udara dingin turun dari awan Cb (cumulonimbus), kemudian adanya arus udara naik yang panas dari permukaan. Ketika kedua arus ini bertemu maka terjadilah pusaran angin," ujar Imam, Rabu (19/2).

"Dengan demikian untuk terpenuhinya syarat di atas, lebih sering ditemukannya pada musim peralihan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan terjadi pada musim penghujan dan apabila ada pertumbuhan awan Cb maka kondisi ini perlu diwaspadai terjadinya angin puting beliung," lanjut Imam.

Menurut dia, biasanya puting beliung ini bisa terjadi selama 5 sampai 10 menit. Dia mengimbau wisatawan yang beraktivitas di sepanjang pantai selatan Bali waspada gelombang laut mencapai 2 meter.

"Kami mengimbau untuk wisatawan dan masyarakat yang beraktivitas di pantai harap berhati-hati dengan potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di perairan selatan Bali, selat Badung, Selat alas bagian selatan dan selat Lombok," kata Imam.

Sumber: kumparan.com

Editor: suci.