HETANEWS.COM

Final Piala Gubernur Jatim Digelar di Gelora Delta Sidoarjo

Persebaya Surabaya akan melawan Persija Jakarta di final Piala Gubernur Jatim 2020.

Jakarta, hetanews.com - Pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Kamis (20/2), batal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dan dipindah ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi (rakor) antara Polda Jatim, PSSI Pemprov Jatim dan Pemerintah Provinsi Jatim yang digelar di Mapolda Jatim, Rabu (19/2).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan Stadion Gelora Delta dipilih lantaran Stadion GBT masih dalam tahap perbaikan lapangan dan belum dapat menggelar pertandingan.

"[Delta dipilih] Karena GBT dalam tahap perbaikan rumput. Tadi kami sudah kirim [tim], dapat laporan rumput-rumputnya masih banyak yang berlubang," ujar Luki usai rakor.
 

Kapolda Jatim Luki Hermawan usai rakor final Piala Gubernur Jatim 2020.
Kapolda Jatim Luki Hermawan usai rakor final Piala Gubernur Jatim 2020. 

Selain itu rakor tersebut juga mengevaluasi insiden bentrokan suporter yang terjadi jelang partai semifinal antara Persebaya vs Arema FC di luar Stadion Soeprijadi Kota Blitar, Selasa (18/2).

Senada, Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhannudin mengatakan Stadion GBT sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggelar laga final. Pihaknya pun langsung mencari opsi stadion lain.

"Kami langsung koordinasi dengan stadion sekitar, yang paling dekat yaitu Gelora Delta. Kemudian mendapat jawaban dari pengelola bahwa stadion dalam kondisi kosong, bisa dipakai untuk besok, kemudian diputuskan dalam rakor tadi kami akan menggelar partai final di Gelora Delta," ucap Amir.

Selain perubahan lokasi pertandingan, jadwal kickoff pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020 juga dimajukan. Semula final akan dimulai 19.30 WIB dan kemudian dimajukan ke pukul 15.30 WIB.

Tak hanya itu panitia pelaksana pertandingan juga tak akan maksimalkan kapasitas penonton di stadion berkapasitas 30 ribu orang tersebut. PSSI, Polda, dan Pemprov Jatim sepakat hanya akan menggunakan 80 persen dari kapasitas stadion.

"Tiket mulai nanti sore sudah mulai kami jual, kami kurangi 20 persen dari kapasitas stadion. Kapasitas stadion ada 30 ribu, maka nanti kami hanya akan menjual sekitar 24 ribu (tiket), dengan komposisi 15.000 ekonomi, 6.000 utama, dan 3.000 VIP," ujar Amir. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!