HETANEWS

Curi Getah PT Bridgestone, Juartono Terima Divonis 4 Bulan Penjara, Kalau Jaksa masih Pikir-pikir

Terdakwa Juartono berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com -  Jaksa H Ronald MP SH, menyatakan pikir pikir setelah hakim menjatuhkan pidana penjara selama 4 bulan penjara, kepada terdakwa Juartono (40), di PN Simalungun, Rabu (19/2/2020).

"Atas putusan tersebut, jaksa atau pun terdakwa bisa menyatakan terima atau banding ataupun pikir-pikir selama 7 hari,"kata ketua majelis hakim, A Hadi Nasution SH, usai membacakan putusannya.

"Pikir-pikir,"kata jaksa singkat. Sedangkan terdakwa bilang terima.

Juartono telah terbukti melakuakn pencurian getah lump milik PT. Bridgestone, yang mengakibatkan kerugian Rp57.600.- 

Menurut hakim, terdakwa ditangkap petugas security kebun Bridgestone yang sedang melakukan patroli rutin, yaitu saksi Timbul Pangidoan, Abdurrahman dan Roben Purba.

Juartono ditangkap, pada  Selasa, 5 Nopember 2019, lalu, di blok KK.06.Sbv.M/IV-DU, Nagori Dolok Maraja, Kecamatan Tapian Dolok.

Bersama barang bukti, senter kepala, pisau deres, ember yang dipotong berisi 7 kg getah, terdakwa yang tinggal di Huta Pucuk Pardamean Talun Kondot, Kecamatan Panombean Pane itu,  dibawa ke Polsek Serbelawan untuk diproses hukum.

Terdakwa dengan berjalan kaki dari rumahnya, membawa pisau deres, senter, karung dan ember menuju areal kebun.

Bahkan sebahagian hasil curiannya sudah diantar pulang ke rumah dan kembali lagi. Tapi naas aksinya itu diketahui petugas.

Juartono dinyatakan terbukti bersalah melanggar  pasal 107 huruf d UU No.39/2014 tentang perkebunan. Terdakwa secara tidak sah telah memanen hasil kebun.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.