HETANEWS

Tujuh Bintang Hollywood yang Memeluk Ortodoks

Legion Media, Valery Sharifulin/TASS

Hetanews.com - Ketujuh bintang Amerika ini memiliki kisah di balik keyakinan mereka.Ada yang terlahir sebagai seorang Ortodoks, ada pula yang berpindah agama.

1. Tom Hanks

Aktor kenamaan Hollywood ini memeluk Ortodoks setelah dewasa.Dia memutuskan pindah agama setelah menikahi aktris Rita Wilson pada 1988.Sang istri, yang berdarah Bulgaria dan Yunani, adalah seorang pemeluk Ortodoks.

Hanks sendiri telah berkali-kali menyebutkan bahwa mereka menikah di gereja tempat Rita dibaptis.Anak-anak mereka bahkan dibaptis di Gereja Ortodoks Yunani.Tak hanya itu, seluruh keluarga Hanks pun mengikuti kebaktian Gereja Ortodoks di Los Angeles.

Pada Desember 2019, Hanks menerima kewarganegaraan Yunani.Pada Februari 2016, sang aktor mengunjungi Gereja Trinitas Kudus Ortodoks Rusia di Antartika. Di sana, ia berdoa dan naik ke menara lonceng. Diaken Maksim Gerb berkomentar bahwa Hanks adalah “seorang yang sangat terbuka dan ramah.”

2. Jim Belushi

Keturunan imigran Albania, Jim Belushi adalah seorang pemeluk Kristen Ortodoks.Aktor kelahiran 15 Juni 1954 itu menghadiri kebaktian di gereja-gereja eparki Kristen Ortodoks di Amerika Serikat.Pada 2009, ia menerima kewarganegaraan Albania.

3. Cary-Hiroyuki Tagawa

Aktor Amerika keturunan Jepang ini dikenal sering memerankan tokoh penjahat dalam film-film Hollywood, seperti “Mortal Kombat”, “Licence to Kill”, dan “Planet of the Apes”.

Pada 2015, ia dibaptis di Gereja Ortodoks Rusia di Moskow dan diberi nama Panteleimon.Setahun kemudian, dia memperoleh kewarganegaraan Rusia.Tagawa mengatakan, semua itu ia putuskan setelah mempertimbangkan masak-masak.

“Saya tidak sekadar ikut-ikutan,” katanya.

“Saya mengikuti kata hati saya.Tak ada keputusan yang mudah, baik di Amerika atau di mana pun di dunia.Ini akan menjadi tantangan baru bagi saya,” kata sang aktor pada konferensi pers peluncuran film “Priest-San: Confession of a Samurai”.

4. Shawnee Smith

Shawnee Smith, seorang penyanyi dan aktris Amerika yang telah membintangi banyak film dan serial TV, seperti “Anger Management”, “Saw” dan “Armageddon”, tumbuh di tengah keluarga Protestan Amerika.

Namun pada 2014, ia memutuskan untuk memeluk Kristen Ortodoks.Tak hanya itu, ia bahkan berencana menceritakan bagaimana agama tersebut telah mengubah hidupnya dalam sebuah film dokumenter berjudul “Orthodoxy: A Love Story”.Salah satu media Amerika menulis,

“Mereka (Shawnee Smith dan krunya) berencana melakukan perjalanan keliling AS dan mungkin ke Rusia, memetakan profil umat Ortodoks dan jemaatnya, mengungkap keragaman agama itu sendiri, dan berbicara dengan orang-orang yang berpindah agama tentang mengapa dan bagaimana mereka tertarik pada ajaran Ortodoks.”

Salah satu tokoh dalam dokumenter itu mengingat bahwa sang aktris ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa masih ada harapan di dunia ini.Meski begitu, dokumenter tersebut belum selesai.

5. Milla Jovovich

Lahir di Kiev, Ukraina, aktris Hollywood ini bangga dengan latar belakang kebangsaannya dan fasih berbahasa Rusia meski keluarganya pindah ke AS ketika dia masih kecil.

Berbicara tentang agamanya, Mila pernah berkata, “Saya adalah pemeluk Ortodoks Rusia sejak lahir, tetapi saya pergi ke gereja mana pun yang saya sukai.”

Pada 2015, putrinya, Dashiel Edan, dibaptis di Katedral Transfigurasi Kudus Ortodoks Rusia di Los Angeles, AS.

6. Jennifer Aniston

Jennifer Aniston memiliki darah Yunani dan merupakan jemaat Gereja Ortodoks Yunani.Namun, ia juga menghadiri kebaktian Katedral Transfigurasi Kudus Ortodoks Rusia di Los Angeles. Ayah baptis Aniston, aktor Telly Savalas, adalah sahabat karib ayahnya dan juga keturunan Yunani.

7. Jonathan Jackson

Menurut sang aktor, ia dilahirkan dalam keluarga pengikut Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.Ketika dia berusia sekitar sembilan tahun, orang tuanya mulai menjauhi gereja.

Saat remaja, ia mulai mempelajari literatur Kristen dan merenungkan keimanannya sendiri. Setelah pertimbangan panjang dan kunjungan ke gereja-gereja dari berbagai denominasi, ia akhirnya memutuskan bahwa Ortodokslah yang paling cocok dengannya.

“Aku bermimpi berada di gereja Ortodoks sebelum aku mengunjunginya ... dan ketika kupergi ke gereja-gereja itu, mereka tk jauh berbeda (dari) mimpiku,” ujarnya.

Istri Jackson yang berasal dari Italia juga berpindah memeluk Ortodoks.Jackson telah menulis sebuah buku tentang hubungan antara iman dan kreativitas.

Sumber: id.rbth.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.