HETANEWS

Rekomendasi Tak Dijalankan Akibat Kepemimpinan yang Salah

Daud Simanjuntak saat menemui pengunjukrasa di Kantor DPRD Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com –  Beberapa rekomendasi DPRD Pematangsiantar terkait persoalan masyarakat hingga kini tidak dijalankan oleh Pemko Pematangsiantar. Salah satu rekomendasi DPRD adalah mempekerjakan kembali Jukir yang sempat dipecat oleh Dishub.

Sekretaris Komisi III Daud Simanjuntak menilai rekomendasi itu tetap harus dijalankan. Namun ia melihat rekomendasi tak dijalankan akibat kondisi kepemimpinan yang salah.

“Harus. Harus dijalankan. Tapi itulah yang terjadi di Kota ini kan, begitu banyaknya rekomendasi di DPRD ini tidak dijalankan. Kenapa? kepemimpinan yang salah. Walikota juga tak pernah peduli kan,”ungkapnya, Selasa (18/2/2020).

Selain persoalan Jukir, rekomendasi DPRD terkait keluhan warga atas pengalihan arus di Jalan Cipto Pematangsiantar sudah ada. Pemko Pematangsiantar belum juga menjalan rekomendasi tersebut.

“Ini mau lanjut lagi demo lagi masyarakat ini soal Jalan Cipto, [Tapi]gak ada di gubris [Walikota]. Bayangkan lah, jangan kan rekomendasi, surat  yang dibuat dia [Walikota] sendiri, ditandatangani sendiri, komitmen sendiri dilanggar sendiri,” kata Politisi dari Partai Golkar ini.

Baca juga: Rute Jalan Cipto Mau Diubah? Sat Lantas Polres Siantar Berikan Syarat Ke DPRD

Ia juga menyinggung alasan para anggota DPRD mengajukan Hak Angket. Daud yang juga anggota Pansus Hak Angket cukup prihatin dengan kondisi Pemerintahan saat ini.

“Tapi intinya pemerintah Kota Siantar, dalam hal ini Walikota sendiri. Membuat surat tentang komitmennya dilanggar sendiri, konon lagi rekomendasi dari kita [DPRD]. Maka jangan heran Pansus Hak Angket ini bergulir. Nah sekarang  tinggal dukungan dari elemen masyarakat, jangan jadi apatis,”katanya.

Ia menjelaskan,hasil rekomendasi DPRD melalui rapat dengar pendapat [RDP] dengan mitra kerja OPD dan masyarakat punya mekanisme. Alur mekanisme formal tersebut tak boleh dijadikan alasan memperlambat rekomendasi yang  telah ditetapkan.

“[Rekomendasi] Dari kita komisi ke Ketua DPRD, ketua DPRD akan menyurati Walikota, Walikota akan meneruskan ke OPD.”

Baca juga: Usaha Ternak Babi Silomangi Masih Beroperasi

“Tapi kan, dengan kemajuan teknologi  kan sudah bisa. Tidak jadi alasan itu. Semua akan kita berdayakan sumber daya yang ada demi masyarakat. Jadi jangan ada upaya mempersulit,” tegasnya

Terkait beberapa hasil RDP yang belum dijalankan, Anggota DPRD dari Fraksi Golkar ini akan kembali melakukan rapat. “Nanti menunggu rekomendasi [Pimpinan], nanti biar kita bahas lagi,”ucapnya.

Baca juga: Jukir Dipecat, Leppansi: Satu Poin Saja Hasil RDP Tak Dipenuhi

Penulis: gee. Editor: edo.