Taput, hetanews.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborongborong dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja Tarutung Pemkab Tapanuli Utara (Taput), menyelenggarakan MoU untuk memfasilitasi dan meningkatan kompetensi warga binaan, Senin (17/2/2020).

Peningkatan kompetensi ini, terdiri dari kegiatan pelatihan meubler, instalasi listrik, menjahit, pandai besi (Las Besi), dan pertanian. Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kalapas, MP Jaya Saragih,  membentuk tim serta koordinator kegiatan yang terdiri dari beberapa jajaran internal yang terkait dengn kegiatan tersebut, sehingga kegiatan pelatihan kemandirian ini diharapkan berjalan dengan baik dan lancar serta berkesinambungan.

Menurut Kalapas, pelatihan keahlian yang diberikan pada tahun ini berdasarkan jenis kegiatan-kegiatan  yang mampu menambah keahlian para warga binaan pemasyarakatan.

Dengan begitu,  nantinya  ada bekal mereka disaat sudah menghirup udara segar. Sehingga mereka diharapkan akan  bersaing dan mampu menerapkan keahlian yang didapat selama di dalam Lapas.

 "Kegiatan ini dapat diselenggarakan guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan WBP. Peningkatan kemampuan WBP yang banyak akan menjadi modal untuk kembali ke masyarakat, setelah bebas menjalani hukuman dari dalam Lapas,"ujar MP Jaya Saragih.