HETANEWS.COM

Nyawa Kawannya Minum Tuak Melayang, Pelaku Sempat Mengira Hanya Pingsan

Korban terbujur kaku saat berada di ruang Forensik RSUD Djasamen Saragih. (foto/res)

Siantar, hetanews.com – Tewasnya Syahdan Kesumayadi (38), akibat dibunuh temannya sesama peminum tuak, di Jalan Bandung, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar, pada Minggu (16/2/2020) pagi lalu, sekira pukul 01.00 WIB, masih didalami polisi.

Dan belakangan diketahui, pemukulan yang dilakukan Muhammad Efendy Hasibuan (25), warga Jalan Setia Negara, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, dengan menggunakan siku tangan pelaku.

Motifnya, pelaku tidak terima bajunya ditarik hingga sobek oleh korban.

Sebelum terjadi pemukulan terhadap korban, ternyata awalnya pelaku Efendy, mengemudikan sepeda motor Honda Supra dengan nomor Polisi (Nopol) BK 444 ZJ, dan bonceng tiga dengan korban dan satu orang lagi temannya, marga Haloho, ke lapo tuak yang berada di Jalan Bandung.

Karena telah larut malam, pelaku mengajak pulang korban Syahdan.

Hanya saja, pada saat itu korban tidak mau pulang karena teman mereka, marga Haloho, masih berada didalam lapo tuak, sehingga terjadi adu mulut antara keduanya.

Korban langsung menarik baju pelaku hingga sobek. Lantaran perbuatan korban, pelaku menjadi gelap mata dan langsung memukul korban dengan menggunakan siku tangan, hingga korban terjatuh dan kepala korban terbentur ke batu.

Kasat Reskrim Polres Siantar, Iptu Nur Istiono, melalui Kanit Reskrim, Ipda Wilson Panjaitan, membenarkannya.

Dijelaskan, pelaku sudah diamankan pihaknya, pada Minggu (16/2/2020) malam, di kediamannya.

"Namun saat ditangkap, pelaku tidak mengetahui kalau korban (Syahdan) yang dipukul telah tewas. Kira pelaku, korban hanya pingsan saja, setelah dipukul pelaku, makanya pelaku setelah memukul korban, langsung pulang ke rumahnya," terang Ipda Wilson Panjaitan saat berada di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020), sekira pukul 14.30 WIB.

Mantan Kanit Polsek Siantar Timur ini juga menerangkan, bahwa awal kejadian pemukulan hingga menewaskan korban Syahdan Kesumayadi, berkat keterangan saksi yang melihat di tempat kejadian perkara (TKP) dan pemilik lapo tuak.

Baca juga: Gara-gara Bajunya Ditarik, Warga Jalan Lokomotif Ini Bunuh Kawannya Sesama Peminum Tuak

"Ada yang melihat pelaku berdebat mulut dengan korban dan memukul korban hingga tesungkur di tanah. Makanya setelah kita melakukan cek TKP,  kita langsung cepat bergerak menangkap pelaku. Dan hasil inetrogasi, dirinya mengakui kalau dirinya hanya satu kali memukul  korban dengan menggunakan siku," pungkasnya.

Bukan hanya pelaku yang diamankan, personil Sat Reskrim juga mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 1 unit sepeda motor Honda Supra nomor polisi (Nopol) BK 4444 ZJ, sendal, dan baju sobek milik pelaku.

"Untuk pelaku yang telah kita amankan, perbuatannya kita kenakan ancaman dengan pasal 351 ayat (3) Subs Pasal 338 KUHP Penganiayaan yang mengakibatkan kematian," akhirnya.

Penulis: res. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!