HETANEWS

Peran Guru dan Orangtua Jadi Prioritas Utama Awasi Anak dari Narkoba

Jaksa Masuk Sekolah, Togap Silalahi saat memaparkan bahaya narkotika kepada siswa/i. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Guru dan orangtua sebagai pengawas di sekolah dan di rumah, memiliki peran besar untuk melindungi anak, agar tidak terjerumus dengan bahaya narkoba.

Demikian dikatakan Togap Silalahi dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar saat melakukan penyuluhan hukum, Jaksa Masuk Sekolah (JMS), di SMK Cinta Rakyat 3, jalan Kain Suci, Kelurahan Bane, Senin (17/2/2020).

Karena anak telah dimanfaatkan gembong narkoba untuk mengedarkan barang haram itu. Usia anak di bawah 18 tahun diatur dalam UU Perlindungan Anak, sebagaimana diatur dalam UU No 23/2002 dan juga UU No.11/2012 tentang sistem peradilan anak.

Menurut Togap Silalahi, setiap anak mendapat perlindungan hukum. Hukumannya setengah dari pidana orang dewasa. "Sehingga anak sering dijadikan/dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dalam peredaran narkotika,"jelasnya.

Untuk kepada pelajar SMP Cinta Rakyat 4 agar menjauhi narkotika, pesannya lagi. "Kenali hukum dan jauhi hukuman,"katanya.

Mendampingi Togap Silalahi dan juga sebagai narasumber, jaksa Siti Martiti Manullang SH.

Selain menjelaskan tentang bahaya natkotika, jenis narkotika, sanksi hukuman, tim JMS juga memaparkan apa tugas dan fungsi kejaksaan. Sebelumnya, tim JMS ikut melaksanakan upacara bendera bersama, di sekolah tersebut dan memberikan cenderamata. 

Menurut narasumber, sebaiknya orangtua menjalani atau memberikan waktu berkualitas dengan anak, memberikan perhatian yang cukup, memberikan pujian kepada anak dan terapkan aturan yang jelas (disiplin). Guru juga diharapkan memberikan pendidikan formal yang berkualitas.

Kejaksaan berharap, siswa/i lebih memahami hukum dan lebih sadar hukum setelah mendengar sosialisasi tersebut. Pelajar terlihat antusias mengikuti Luhkum dari Kejati Siantar, ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari siswa/i.

Kepala Sekolah SMP Cinta Rakyat 3, Elisbeth Gultom, mengucapkan terima kasih kepada kejaksaan yang sudah memberikan penerangan hukum kepada siswa.

Semoga ilmu hukum yang diberikan menjadikan para anak tahu akan hukum dan menjauhi perbuatan yang melanggar hukum, ungkapnya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.