HETANEWS

Bagai Lidah Kucing, Seorang Desainer Cetuskan Konsep Alat Pembersih Tubuh Portabel

Lexus Design Award 2020

Hetanews.com - Seorang perancang produk dan furnitur asal Rusia menyita perhatian dunia dengan konsep pembersih tubuh portabel buatannya. Unik, konsep tersebut sukses mengantarnya masuk final Lexus Design Award 2020, sebuah acara tahunan yang menarik ribuan kreator dari seluruh dunia untuk menyabet penghargaan desain produk inovatif.

Dinamai Lick, perangkat yang menyerupai cangkang kerang tersebut bertujuan membantu orang-orang yang kesulitan mengakses kamar mandi, terutama para pasien yang terbaring di tempat tidur dan tidak bisa mandi sendiri.

Lexus Design Award 2020

Alat ini berukuran kecil, mudah dicuci, dan dibawa ke mana-mana.Karena itu, Lick dianggap menjadi solusi praktis bagi para pejalan kaki dan pelancong.Lick memiliki cangkang yang menyembunyikan mekanisme utama dan wadah yang menampung cairan, serta “lidah” ​​yang berputar.

Bagian “lidah” ini betul-betul terlihat dan berfungsi layaknya lidah kucing, “alat” perawatan diri paling alami dan efisien yang ditemukan di antara seluruh makhluk hidup. Dengan tekstur berupa duri-duri kecil, Lick bisa mengangkat cairan, kotoran, dan bahkan rambut pada kulit. Lidahnya yang lembut dan lentur bisa beradaptasi pada bentuk atau permukaan apa pun.

Sang penemu, Irina Samoilova, kini tengah menempuh jenjang pendidikan S-2 di Akademi Desain dan Seni Terapan Negeri Stroganov Moskow. Menurut Fast Company, Irina terinspirasi menciptakan alat tersebut ketika neneknya sakit dan terbaring tak berdaya di atas kasur.

Irina Samoilova
Lexus Design Award 2020

Selain tisu atau lap desinfektan, tak ada lagi yang lebih efisien dan nyaman untuk membersihkan diri, yang bisa ia temukan di pasar. Karena itu, ia memutuskan untuk membuat sesuatu sendiri.Kini, gagasan tersebut memang baru pada tahap desain. Jadi, belum ada prototipe yang berfungsi.

Karena itu, Irina bekerja sama dengan para mentor Lexus Design dan berharap bisa mempresentasikannya di pameran Milan Design Week 2020 pada April mendatang bersama lima finalis lainnya. Meski pemenang penghargaan ini baru akan ditentukan di Italia dua bulan lagi, Irina sudah memikirkan untuk memproduksi massal perangkatnya tersebut.

Sumber: id.rbth.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.