HETANEWS

ILAJ Sebut Rekrutmen PPK Di Siantar Dan Simalungun Tidak Transparan

Dari Kanan Ketua KPU Siantar Daniel Sibarani, Ketua ILAJ Fawer Full Fander Sihite, Ketua KPU Simalungun Rajahab

Siantar, hetanews.com - Seleksi penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar telah berakhir, namun Institute Law And Justice (ILAJ) menilai proses seleksi sepertinya hanya terkesan formalitas saja.

"Kita dari ILAJ sangat menyayangkan proses penerimaan PPK hanya terkesan formalitas dan sarat dengan Nepotisme".sebut Fander Full Fander Sihite Ketua ILAJ, Minggu (16/02/2020) 

Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Pematangsiantar dan Komisi Pemilihan Umum Simalungun dinilai kompak tidak transparan. 15 Feb 2020

"Kita bisa lihat bagaimana proses seleksi itu dilakukan tidak transparan, karena hasil ujian tidak dipublikasi oleh KPU, sehingga sangat berpotensi proses KKN karena tidak terbuka" Terangnya

Idealnya proses atau tahapan demi tahapan harus di imformasikan kepada publik termasuk hasil penilaiannya. 

Proses rekrutmen PPK ini, bisa menjadi cerminan bagaimana kualitas para komisioner di KPU Siantar dan KPU Simalungun.

"Kita merasa malu, dan prihatin melihat hal tersebut, dikarenakan di Nias saja mereka lakukan secara transfaran, seluruh nilai yang mendaftar mereka sampaikan dipengumuman" Pungkas Tokoh Muda Kandidat Doktor tersebut.

Harapan kita bersama proses rekrutmen itu dilakukan dengan azas yang baik, sebab PPK merupakan bagian terpenting dalam proses pemilihan umum atau pilkada di tahun 2020 ini.

Kita dari ILAJ akan melakukan pengawasan dan pemantauan penyelenggara di pilkada 2020 ini, agar setiap proses sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Tutupnya. 

Penulis: tom. Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.

Komentar 2
  • Fian Stanley Siahaan
    Ya, itu benar, kalau dilihat dari prosedur pelaksanaan ujian dgn tidak mempublikasi hasil perolehan nilai ujian itu sangat janggal, dan kebanyakan yg lulus itu adalah mantan mantan PPK petahana, kalau memang para petahana itu juga yang lolos untuk apa dilakukan perekrutan, buang buang waktu dan biaya saja,.. angkat dan hunjuk saja kembali mrka tanpa ujian2 segala, bikin repot
  • Johan Ananda
    Tolonglah kita yg berada disiantar simalungun.. camkan.. makna habonaron dobona.. berkata bertindak berkerja yg jujur.. bila tidak sumpah makna habonaron dobona akan membuat kualad bila tidak habonaron dobona di tànah raja siàntar simalungun..