HETANEWS

Hoaks atau Nyata? Tiga Ekor Singa Berkeliaran di TPS

Seekor singa betina berjalan di sekitar tumpukan kontainer. (Foto: Istimewa)

Hetanews.com - Viral, foto tiga ekor singa berkeliaran di sebuah lapangan petikemas beredar di media sosial WhatsApp, Sabtu, 15 Februari 2020.Di foto tersebut tampak tiga ekor singa sedang berkeliaran di area tumpukan petikemas.

Diduga, lapangan petikemas itu milik PT Terminal Petikemas Surabaya.Disebutkan, satwa pemakan daging dikabarkan berkeliaran disinyalir lepas dari kandangnya.

Dugaan, singa dengan mulut menganga yang berjalan di antara kontainer itu adalah hewan selundupan secara ilegal yang diletakkan di dalam kontainer."Bisa jadi selundupan itu, dimasukkan kontainer," ujar sumber sembari memperlihatkan foto singa yang dikirimnya menjelang senja.

Tiga ekor singa berkeliaran di lapangan kontainer. (Foto: Istimewa)

Dalam foto serupa yang juga tersebar berantai di WhatsApp (WA) hewan karnivora jenis singa Afrika berkelamin betina itu melenggang menyusuri lapangan penumpukan. "Ga ada pak," kata sumber dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya.

Hal senada juga diungkap sumber di TPS yang menyebut bahwa singa yang diduga lepas dan berkeliaran di lapangan kontainer itu bukan di TPS. Ia juga menegaskan, selama ini belum ada pengiriman binatang hidup di TPS, apalagi menggunakan peti kemas."Dimana ada pengiriman binatang lewat petikemas," ujarnya, yang tak mau disebut inisialnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Humas TPS, Muchammad Solech membantah. Bahkan, Solech terkesan santai dan seolah-olah tidak menanggapi serius terkait foto singa di lapangan kontainer. Solech menegaskan bahwa foto itu tidak benar alias hoaks.

"Gak benar. Gambare pecah, bos. Sing neliti staf design animasi TPS, itu hasil rekayasa (Tidak benar. Gambarnya pecah. Yang meneliti staf desain animasi TPS, itu hasil rekayasa)," katanya.

Sumber: ngopibareng.id

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.