HETANEWS

Sudan Ingin Dihapus dari Daftar Negara Pendukung Teroris AS

Serangan terhadap kapal AS "USS Cole" 20 tahun yang lalu di pelabuhan Aden, Yaman menewaskan 17 pelaut AS (foto: dok).

Hetanews.com - Sudan sepakat memberikan kompensasi kepada keluarga 17 pelaut Amerika yang tewas dalam pemboman kapal "USS Cole" 20 tahun yang lalu.Pemerintah transisi Sudan mengatakan, hari Kamis (13/2/2020), telah menandatangani kesepakatan dengan pihak keluarga sebagai upaya menghapus Sudan dari daftar hitamnegara pendukung teroris yang dihimpun Amerika.

Pejabat pemerintah mengatakan, kesepakatan itu ditandatangani pekan lalu di Washington, namun tidak merinci isinya. Laporan berita hari Kamis mengatakan, Sudan sepakat untuk membayarkan 30 Juta dolar AS kepada keluarga korban.

Kepada media, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan, Amerikaterus menimbang untuk menghapus Sudan dari daftar negara pendukung terorisme, namun belum ada keputusan yang diambil.

12 Oktober tahun 2000, serangan terhadap USS Cole terjadi ketika kapal itu sedang mengisi bahan bakar di pelabuhan Aden, Yaman Selatan. 17 pelaut tewas dan 30 lainnya luka-luka. Al Qaeda mengklaim tanggung jawab atas serangan itu. 

Sumber: voaindonesia.com

Editor: tom.