HETANEWS

Patroli di Sungai Asahan, Polres Tanjungbalai Amankan 44 TKI Ilegal dari Malaysia

Wakapolres Tanjungbalai Kompol Edi Bona Sinaga saat mendata TKI ilegal yang diamankan dari kapal motor tanpa nama di Sungai Asahan. (Foto: iNews/Ulil Amri)

Tanjungbalai, hetanews.com - Patroli petugas gabungan mengamankan kapal motor berisi 44 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal di Sungai Asahan, Kamis (13/2/2020). Mereka merupakan rombongan yang baru pulang dari Malaysia dan tak memiliki dokumen lengkap.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan, operasi ini dilakukan tim gabungan Satpol Air dan Satnarkoba Polres Tanjungbalai. Saat menyiris Sungai Asahan, tim mencurigai kapal tanpa nama dan mengarahkannya untuk bersandar.

"Dari kapal itu petugas menemukan 44 TKI ilegal yang terdiri atas 33 laki-laki dan 11 perempuan," ujar Putu Yudha, Jumat (14/2/2020).

Dia menjelaskan, petugas meminta keterangan nakhoda kapal dan empat ABK. Selain itu memeriksa barang bawaan seluruh penumpang.

"Nakhida kapal tidak memiliki dokumen resmi untuk berlayar dan membawa penumpang. Dan hasil pemeriksaan para TKI, tidak ditemukan ada barang terlarang maupun narkoba dari barang bawaan mereka," katanya.

Menurutnya, saat ini ke-44 TKI diamankan sementara untuk diminta keterangan oleh penyidik Satreskrim Polres Tanjungbalai. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan Imigrasi untuk penanganan lebih lanjut.

"Setelah kami data maka akan langsung diserahkan ke Imigrasi untuk penanganannya," kata Kapolres.

sumber: iNews.id

Editor: gun.