HETANEWS.COM

4 Warga Sumatera Akan Pulang Usai Karantina di Natuna, BPD Sumut: Semua Sehat

Jelang berakhirnya observasi WNI di Natuna. (Foto: MUHAMMAD ADIMAJA)

Medan, hetanews.com - Empat orang warga Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), dan Sumatera Selatan (Sumsel) yang diobservasi di Natuna akan dipulangkan besok. Keempatnya dinyatakan sehat.

"Jumlah mereka empat orang. Semuanya sehat wal afiat," kata Kepala Badan Penghubung Daerah Sumut, Nursalim Affan Hasibuan, Jumat (14/2/2020).

Masa observasi WNI dari Wuhan itu akan selesai pada Sabtu (14/7) siang besok. Ratusan WNI itu rencananya akan dibawa ke Jakarta terlebih dulu, baru dipulangkan ke daerah masing-masing.

Affan mengatakan keempat warga Sumut itu bakal terbang dari Natuna menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dia menyebut kemungkinan keempat orang itu akan beristirahat di rumah keluarga mereka yang ada di Jakarta sebelum kembali ke Sumut.

"Masalah mereka kembali ke rumah masing-masing baru besok kami diskusikan. Artinya, Pemprov dalam hal ini hadir menyambut mereka di bandara," sambung Affan.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dari 238 WNI yang diobservasi, terbanyak adalah warga Jawa Timur sebanyak 68 orang. Untuk warga Sumut 2 orang, Sumsel 1 orang, Sumbar 1 orang.

Sebelumnya, observasi WNI dari Wuhan, China dinyatakan segera berakhir. Ada 238 WNI yang diobservasi di Lanud Raden Sadjad, Natuna akan selesai menjalani observasi pada Sabtu akhir pekan ini.

Para WNI itu dievakuasi dari Wuhan, China yang menjadi pusat virus corona pada Minggu (2/2). Mereka harus menjalani observasi selama 14 hari sesuai aturan dari protokol World Health Organization (WHO).

Mereka menjalani observasi terkait virus corona, meski para WNI dari Wuhan itu telah melalui proses screening dan dinyatakan sehat. Sejumlah kegiatan pun dilakukan para WNI itu di lokasi observasi, seperti berolahraga, makan bersama, hingga cukur rambut.

Masa observasi WNI selama 14 hari akan berakhir pada Sabtu (15/2) akhir pekan ini. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto awalnya menyebut teknis pemulangan 238 WNI ke daerah masing-masing masih dikoordinasikan.

sumber: detik.com

Editor: gun.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!