HETANEWS

Panitia Hak Angket Belum Mengarah Soal Pemakzulan Walikota

Siantar, hetanews.com – Pantia Hak Angket DPRD Pematangsiantar masih bekerja menyelidiki dugaan penyalahgunaan wewenang Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah. Panitia Hak Angket belum memastikan jika hasil penyelidikan mengarah ke pemakzulan Walikota.

"Belum mengarah ke pemakzulan. Itu hasil kesimpulan itu nanti kita lihat kemana mau dibuat. Kalau kita di Panitia Angket belum ada kepikiran untuk pemakzulan.”

“Tapi yang jelas, siapa pun walikota kedepannya jangan ada lagi seperti ini. Kan gitu,” jelas Ketua Panitia Angket, Rini Silalahi dihubungi, Kamis (13/1/2020) petang.

Berjalan 2 Minggu setelah dibentuknya komposisi Panitia Hak Angket, saat ini kata Rini, pihaknya masih dalam tahap pengumpulan data dan konsultasi ke Kemandagri dan KASN.

“Berhubung data data yang kita minta dari pemko belum sampai kita, dan masih di Sekretariat ke DPRD, sehingga kita kan  harus mengumpulkan dokumen, jadi kami sudah berangkat ke Kemendagri dan KASN.” 

“Besok jadwalnya ke Badan Pemeriksa Keuangan [BPK], setalah itu rapat internal untuk mengumpulkan semua data, dan pemanggilan lah,” jelasnya.

"Kalau untuk pemanggilan Walikota sepertinya dijadwal kami, diantara tanggal 20 Februari ke atas. Tapi kalau kami sudah selesai data data ini bisa lebih cepat," sambungnya.

Menjawab keraguaan publik yang memantau kerja-kerja ke-9 anggota DPRD dalamPanitia Hak Angket ini, Rini memastikan akan ada rapat terbuka yang dapat disaksikan masyarakat Pematangsiantar. 

“Nanti kita akan adakan rapat terbuka akan disaksikan oleh Pers dan masyarakat supaya tidak ada yang disembunyikan gitu,” ujar Ketua Komisi II DPRD ini.

Politisi Partai Golkar ini optimis dapat menyelesaikan penyelidikan sampai limit waktu yang ditentukan pada akhir Februari 2020 mendatang.

“Kita harus optimis dengan jadwal yang sudah ditentukan. Karena masih banyak pekerjaan kita yang masih menunggu. Mudah-mudahan di tanggal 29 sudah selesai. Tapi kita lihat dulu perjalanannya,” imbuhnya.

Apabila data yang diperlukan dari Pemko Pematangsiantar tidak diberikan, Panita Angket tidak berhenti untuk pemeriksaan tetap. Pihaknya juga akan banyak bekerjasama dengan beberapa pihak termasuk kepolisian.

Baca juga: Sudah Seminggu Dibentuk, Tim Pansus Masih Mengumpulkan Data

Penulis: gee. Editor: edo.