HETANEWS

KASN Tinjau SK Walikota Hefriansyah Atas Pemberhentian Leonardo

Leonardo Simanjuntak [Tengah] foto:istimewa

Siantar, hetanews.com – KASN akan memberi rekomendasi ke Walikota Hefriansyah atas pemberhentian mantan Asisten I, Leonardo Simanjuntak. Komisioner KASN, Kukuh Heruyanto, mengatakan rekomendasi untuk meninjau kembali SK pemberhentian tersebut.

Walikota memberhentikan Leonardo berdasarkan ketentuan Pasal 117 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dijelaskan pada ayat (1) bahwa JPT hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun. 

Sementara Ayat (2) Jabatan Pimpinan Tinggi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN.  

Meski Leonardo menduduki jabatan selama 5 tahun berturut-turut, Kukuh Heruyanto menilai masa jabatannya dapat diperpanjang sesuai kebutuhan organisasi.  "Diperpanjang maksimal 2 tahun,"jelasnya, Rabu (13/2/2020) kemarin.

Baca juga: Walikota Nonjobkan Satu orang Pejabat yang Lulus Assessment

Disisi lain, Walikota Hefriansyah selaku Pejabat Pembina kepegawaian [PPK] juga menempatkan pejabat Golongan IV/C itu menjadi penyuluh kemasyarakatan di Kesbangpol Pematangsiantar.

Menurut Komisioner KASN ini,  jika kemudian Walikota tidak mengkehendaki yang bersangkutan diperpanjang masa jabatannya, maka seharusnya ditempatkan dalam jabatan yang kelas jabatannya sama.

"Ya ini yang keliru, yang kemudian yang bersangkutan harus menjadi pelaksana. Karena di regulasi, ketentuannya bahwa dia harus ditempatkan dalam jabatan yang cocok dengan kompetensi yang bersangkutan.”

Baca juga: 33 Pejabat di Lingkungan Pemko Siantar 'Lepas Jabatan'

"Nanti rekom KASN bakalan seperti itu. Meninjau SK Pemberhentian Leonardo Simanjuntak dan ditempatkan dalam jabatan yang setara. Ditempatkan dalam jabatan yang sarat jabatan sesuai dengan kompetensi yang bersangkutan,"katanya menjelaskan.

Leonardo Simanjuntak, pada Kamis (13/2/2020) menilai SK Walikota No 800/004/I/WK-THN tentang pemberhentian dirinya melanggar peraturan yang berlaku. Ia kemudian, mengadu ke DPRD Pematangsiantar dan ke KASN pada 16 Januari 2020.

Dalam suratnya ke KASN, Leonardo juga menyoroti satu orang JPT lainnya yang menjabat sebagai kepala OPD sudah melampui 5 tahun namun tidak dimutasi dan tidak diberhentikan dari jabatannya.

Leonardo berharap KASN segera menerbitkan surat rekomendasi ke Walikota Hefriansyah sesuai dengan peraturan perundang-undangan  yang berlaku.

"Saya berharap KASN menerbitkan surat menunda SK Walikota mengenai pengangkatan dan pemberhentian PNS dari jabatan, dan menerbitkan rekomendasi sesuai peraturan perundangan-undangan yang berlaku,"katanya.

Baca juga: Pengakuan Hefriansyah ke Leonardo: Saya Petugas Partai PDI Perjuangan

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.