HETANEWS.COM

KKD Rendah Penyebab Gaji DPRD Berkurang

Pelantikan anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024 pada 2 September 2019.

Siantar, hetanews.com - Ketua Komisi I DPRD Pematangsiantar, Andika Prayogi mengakui gaji anggota DPRD Pematangsiantar berkurang. Berkurangnya gaji wakil rakyat itu disebabkan rendahnya Kemampuan Keuangan Daerah [KKD] Pemko Pematangsiantar.

"Iya. Gaji di bulan Januari 2020 kemarin," kata Prayogi ditemui saat berbincang-bincang di perkantoran DPRD, Kamis (13/2/2020). 

Kabid Anggaran BPKAD Pemko Siantar, Rosihan Hutauruk, membenarkan jika adanya pengurangan jumlah Gaji Anggota DPRD Pematangsiantar. 

Dijelaskannya, KKD dihitung dari realisasi keuangan daerah 2 tahun sebelumnya. Misalnya Tahun 2020 dasar perhitungan dari realisasi tahun 2018 dan 2019.

Realisasi tersebut disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Melalui pemeriksaan BPK Provinsi Sumut KKD Pemko Pematangsiantar dinyatakan rendah. Pengurangan gaji sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada.

"Dalam Pemeriksaan BPK Provinsi Sumut ternyata perhitungan KKD rendah," katanya.

Gaji DPRD Pematangsiantar tergantung dari KKD. KKD dikelompokkan menjadi 3. Rendah, sedang dan tinggi. Penetapan KKD tersebut oleh BPK "Seandainya pendapatan daerah tinggi, maka KKD juga tinggi. Begitu sebaliknya," jelasnya. 

PLT Sekwan Wanden Siboro membenarkan penurunan KKD tersebut. Pada Januari 2020 anggota DPRD sudah menerima gaji tidak seperti gaji tahun sebelumnya.

"Iya betul. Dari bulan Januari 2020," katanya, Selasa kemarin.

Wanden menjelaskan, Gaji anggota DPRD berdasarkan kemampuan keuangan daerah [KKD] Pemko Pematangsiantar. Berkurangnya gaji anggota DPRD dikarenakan status KKD dari sedang menjadi rendah. 

"Jadi, gaji Anggota DPRD itu kan sesuai dengan KKD. Menurut perhitungan BPK bahwa KKD Pemko Pematangsiantar itu rendah," jelasnya.

"Pada tahun yang lewat, sedang. Sehingga menurut perhitungan itu, tunjangan komunikasi intensif [TKI] berkurang lah Rp 4,2 Juta. TKI itu selalu berubah ubah tergantung KKD," katanya menambahkan.

Berdasarkan DPA APBD 2020 secara keseluruhan anggaran gaji untuk 30 Anggota DPRD Pematangsiantar sebesar Rp 2,7 M dalam satu tahun. Besaran anggaran tersebut termasuk gaji ke 13 dan THR kemudian iuran asuransi. 

Baca juga: Awal Tahun 2020 Gaji Anggota DPRD Pematangsiantar Berkurang

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!