HETANEWS.COM

Produktivitas Panen Perdana Bawang Merah Petani Tapsel Capai 21 Ton Per Hektare

Dinas Pertanian, BPP, PPL, bersama KSA BPS Sipirok, Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan yang akan melalukan pengubinan pada areal pengembangan Bawang Merah Kelompok Tani Mekar Sari, di Keluarhan Hita Suhut, Sipirok yang diketuai Mara Adil Hutasuhut. Produktivitasnya mencapai 21,21 Ton/Ha

Tapanuli selatan, hetanews.com - Produktivitas bawang merah kelompok tani (Koptan) Mekar Sari, di Kabupaten Tapanuli Selatan, pada panen perdana mencapai angka 21,21 Ton per hektare (Ha).

"Hasil timbang basah 21,21 ton/Ha bawang merah itu setelah pengubinan dilakukan KSA BPS Sipirok," Bismark Muaratua Siregar, Kadis Pertanian Tapanuli Selatan.

Bismark mengutarakannya kepada Antara, di Sipirok, Kamis (13/2), melalui Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Tapanuli Selatan, Anuar Aidin Harahap.

Menurutnya, Koptan Mekar Sari, di Kelurahan Hutasuhut, Sipirok ini dinilai berhasil mengembangkan budidaya bawang merah di daerahnya.

"Capaian keberhasilan selama lebih kurang 70 hari sejak pertanaman Desember 2019 lalu ini, tidak lepas dari perlakuan Koptan itu sendiri tambah perhatian dinas pertanian, PPL, dan BPP," sebutnya.

Pengembangan kawasan bawang merah Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut di Tapanuli Selatan sendiri tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Sipirok, Arse, Batang Angkola, dan Angkola Muaratais dengan jumlah 14 Koptan termasuk Koptan Mekar Sari yang diketuai Mara Adil Hutasuhut.

"Selain varietas bawang merah, kepada 14 Koptan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui APBD 2019 juga memberikan bantuan sejumlah sarana produksi (Saprodi) lainnya," ungkapnya.

Bawang merah merupakan komoditi program nasional yang merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya inflasi.

"Mudah-mudahan dengan hasil panen bawang merah ini, upaya pemerintah untuk menekan angka inflasi khususnya di Tapanuli Selatan dapat diminimalisir," ujarnya.

Tambah, sekaligus merangsang petani/kelompok tani Tapanuli Selatan terangsang untuk membudidayakan bawang merah, karena potensinya cukup menjanjikan.

Sumber: antaranews.com 

Editor: suci.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!