HETANEWS

Usai Rusuh, Napi Kabanjahe Disebar ke Berbagai Rutan di Sumut

Seluruh warga binaan Rutan Kabanjahe ditempatkan di berbagai rutan di Sumatera Utara pascarusuh

Kabanjahe, hetanews.com - Seluruh warga binaan di Rutan Kabanjahe, Kabupaten Karo, akan dipindahkan ke berbagai rutan yang ada di Sumatera Utara pascarusuh yang terjadi pada Rabu (12/2). Jumlahnya ratusan dan akan disebar.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan warga binaan yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) bakal ditempatkan di rutan. Sementara yang belum inkracht atau proses hukum masih berjalan bakal ditempatkan di Polres dan Polsek.

"Inkracht sebanyak 268 orang akan dipindahkan ke berbagai rutan di Sumatera Utara," ucap Argo di Riau mengutip Antara, Kamis (13/2).

"Kemudian ada 142 warga yang belum inkracht nanti dari hasil koordinasi akan dititipkan di rutan polres atau polsek di Sumut," tambahnya.

Argo tidak merinci jadwal pemindahan ratusan warga binaan Rutan Kabanjahe. Dia hanya mengatakan pemindahan warga binaan dilakukan agar Rutan Kabanjahe kembali kondusif.

"Agar kejadian tidak terulang kembali dan situasi saat ini juga kondusif, dan TNI Polri masih melakukan penjagaan," ujarnya.

Argo mengatakan sejauh ini pihaknya masih menyelidiki secara menyeluruh apa yang terjadi sehingga kerusuhan di Rutan Kabanjahe terjadi. Dia belum mau merinci lebih jauh.

"Masih diselidiki, yang pasti tidak ada korban," katanya pula.

Kerusuhan terjadi di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara pada Rabu kemarin (12/2). Beberapa ruangan dibakar warga binaan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Jahari Sitepu mengatakan bahwa kerusuhan bermula ketika sipir melakukan razia. Ada narkoba dan ponsel yang disita.

Beberapa warga binaan yang terjaring razia lalu digelandang ke polsek setempat. Akan tetapi, razia itu menyulut emosi para warga binaan. Mereka mengamuk dan membakar sejumlah ruangan.

"Tidak terima mereka semua karena razia itu. Informasi yang saya dapat, yang terbakar itu ruangan administrasi," jelasnya.

Personel TNI dan Kepolisian lantas mendatangi Rutan Kabanjahe untuk mengondusifkan keadaan. Pemadam kebakaran pun dikirim untuk segera memadamkan.

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.